Mohon tunggu...
Syasya_mama
Syasya_mama Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Ibu 2 Putri, Indonesia - Korea 가는 말이 고와야 오는 말이 곱다 (Jika kata yang keluar baik, kata yang akan datang pun akan baik )

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Sedekah Laut yang Mengusik Hatiku

12 Oktober 2018   21:48 Diperbarui: 12 Oktober 2018   22:01 1086
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Iring iringan sedekah laut. Dokpri

"Mba mumpung lagi di Indonesia hayuuuk lihat acara sedekah laut dikampung saya?"ucap seorang kerabat dekat.

"Sebenernya saya gak tega lihat acara sedekah laut, jujur hati saya pingin nangis "ucap saya menjelaskan. Saya lihat kerabat terkejut mendengar ucapan saya yang serius.

"Lho kok?"

"Yang perlu disedekahin tuh anak yatim piatu kaya saya ini lho? Laut kan  sudah kaya. Kita ambil tiap hari sampai berjuta ton aja isi laut masih banyak aja. Kalau saya diambil seratus ribu aja udah habis isi dompet"sambil becanda bermaksud biar gak tersinggung. Karena buat saya ini ranah sebuah keyakinan.

"Wahaha bisa aja mba. Inikan tradisi turun temurun mba." Ucapnya lagi

"Iya tradisi yang bikin Indonesia itu beragam." Ucap saya lagi.

-Beberapa hari kemudian-

Pagi pagi kerabat sudah datang kerumah. Hayuuuk lihat sedekah laut biar jadi tau, sedekah laut itu seperti apa.

Sebenarnya gak mau lihat, tapi bikin senang kerabat yang ngajak  apa salahnya. Semoga ada pelajaran dan hikmah yang dapat dipetik dari acara tersebut. 

Dokumen pribadi
Dokumen pribadi
Tepat dihari ini tanggal 12.10.2018 pukul 8 saya lihat iring iringan sedekah laut. Lokasinya berada dipesisir kota Cilacap. 

Kebetulah hajatan sedekah laut emang diselenggarakan tiap tahun dibeberapa wilayah pesisir di kota Cilacap. Berapa titik wilayah yang mengadakan acara sedekah laut, adalah di daerah menganti, lengkong, tegalasri, tegalkamulya,  telukpenyu dan beberapa tempat lagi. Kebetulan saya lihatnya di daerah Lengkong.

Menurut keterangan kerabat dana bikin acara sedekah laut tidak lah sedikit bisa mencapai 200 juta lebih. Waduhhh akehe pol ya? Bisa bikin bangun rumah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun