Mohon tunggu...
Laily Syahrini
Laily Syahrini Mohon Tunggu... -

i just to be proccess how to write

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kesempatan Kedua

19 Oktober 2014   07:22 Diperbarui: 17 Juni 2015   20:30 36
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Siang ini panas begitu terik, loza berjalan melewati lapangan untuk menuju parkiran motor dengan langkah terburu-buru sembari membawa map yang berisi tugas-tugas kuliah nya. Ia meletakkan map nya tepat diatas kepala yang dia balut dengan jilbab paris berwarna merah ati. Hal itu sengaja dia lakukan agar dapat menghindari pancaran sinar matahari yang siang ini sangat membakar kulit dan mengurangi konsentrasi penglihatan akibat sinar yang begitu silau. Hari ini kuliah lebih terasa capek dari biasa nya. Dosen yang loza anggap paling killer di mata kuliah bahasa inggris ini memberikan dia dan teman-temannya ulangan mendadak. Alasannya untuk menambah nilai yang kurang dan minimdi materi sebelumnya. Untung bulan ini adalah bulan ramadhan,ya, bulan dimana semua orang harus menahan segala nafsu nya. Termasuk menahan amarah saat dengan tiba-tiba dosen memberikan ulangan secara mendadak.

Loza mengeluarkan motor nya. Baru ingin menancapkan gas,tiba-tiba langkah nya terhenti karena motor nya di jegat oleh teman-temannya. Mereka adalah teman satu jurusan sastra inggris dengan loza. Tindakannya membuat loza urung menancapkan gas di motornya.

“ za, buru-buru banget sih. “ ucap mira yang menyenderkan badannya di lampu depan motor loza

“ iya nih lo za, buru-buru banget. Mau kemana sih emang? Puasa-puasa gini lo mau pergi? “ Tanya fera

“ ya gue mau pulang ke rumah lah. Emang menurut kalian gue mau kemana? Panas kaya gini gue juga males buat kemana-mana. Yang ada nanti puasa gue jebol haha .” jawab loza tertawa

“ ya kirain gitu lo mau mampir ke gramed *pim.” Ucap mira

“ ngapain? Mending di rumah tidur “

“ ya cari novel buat referensi cerpen yang lagi lo bikin. Secara lo kan hobi banget membaca,menulis serta berkhayal dengan imajinasi diluar batas tuh haha.” Ledek fera

“ oh itu. Ya nanti-nanti ajalah. Lagian otak gue ini masih panas gara-gara ulangan dadakan yang dikasih sama pak resno itu. Referensi kan bisa darimana aja dan kapan aja wooo.”

“ iya,gue juga tadi agak kesel sama pak resno. Ngadain ulangan semau nya aja. Alasannya buat nambah nilai yang kurang dari materi sebelumnya,padahal kaya nya nilai gue pas semua deh. Ah emang aja alasan klasik tuh pak resno.” Fera menggerutu

“ husssstt, udah-udah ah,jangan omongin orang. Ini kita lagi puasa loh. Nanti puasa kita batal Cuma gara-gara sebel sama pak resno haha. Ya lagian ambil positifnya aja fer, walaupun nilai kita udah pas, otomatis nilai kita bertambah kan? Hayooo … “ kata loza

“ iya sih.”

“ yaudah gue balik duluan ya. Ada yang mau nebeng sama gue? “ Tanya loza

“ engga, kita bawa motor kok.” Jawab fera dan mia bersamaan

“oh gitu. Yaudah kalian hati-hati ya.”

“ iya za,lo juga.”

Loza kembali menyalakan motornya-menancapkan gas. Pergi meninggalkan kampus yang bernama universitas pamulang itu. Kampus dimana dia belajar sastra inggris yang sudah dia jalani selama tiga tahun itu.

***

Loza merebahkan badannya di tempat tidur nya. Memainkan smartphone miliknya. Tiba-tiba permintaan pertemanan muncul di kontak bbm-nya. Nama kontak tersebut ialah kila. Loza mengernyitkan dahi ketika melihat nama itu terpampang di permintaan pertemanan. Seperti nya dia kenal. Loza terdiam sejenak,mencoba mengingat nama-nama temannya. Mata nya kemudian melotot, ada sinyal baru yang menandakan bahwa ia mengenal nama yang ingin kontak bbm nya segera di accept oleh loza. Dengan sigap, loza mengarahkan trackpad nya ke arah kata “accept”.Tidak lama kemudian, perminaan pertemanan yang sudah di terima loza itu muncul di recent updates bbm loza. Kontak tersebut mengganti gambar tampilannya. Loza segera bangkit dari posisi tidurnya untuk benar-benar menegaskan penglihatannya ke kontak yang bernama kila itu.Setelah melihat foto kila dengan men-zoom nya, loza menganggukkan kepala berkali-kali. Ya, dia kenal betul kila. Kila adalah teman sekelas nya waktu loza duduk di bangku sekolah menengah pertama,tepatnya saat kila duduk di kelas Sembilan.

“ buat apa kila meng-invite gue?” Tanya nya dalam hati. Tidak lama kemudian, lampu smartphone loza menyala berwarna biru,itu menandakan chat bbm masuk. Dengan cepat ia langsung membuka obrolan. Ternyata obrolan itu dari kila !

Kila: loza….

Loza: iyaaa kila

Kila: mau ikut buber *95 nggak?

Loza:*95 ngadain buber? Kapan? Dimana?

Kila: iya,kata nya sekalian ngumpul. Dirumah putri za, minggu ini, bisa?

Loza: dirumah putri? Gue kan engga tau rumah putri kil. Administrasi nya berapa? Terus catering nya gimana kil?

Kila: yaudah nanti lo tunggu aja di gang masjid deket *gempol za, nanti disitu ada yang jemput ko. Administrasi nya gue yang nalangin dulu boleh ko za. Kita pesen fastfood kfc za. Terus kalo makanan pembuka nya gorengan sama minuman es lah,nanti yang nyiapin si putri,gimana? Mau ikut?

Loza: boleh tuh. Okedeh ikut. Minggu ini kan?

Kila: iya bener banget minggu ini. Asik, loza ikut J yaudah sampai ketemu minggu ini ya za

Loza: iya kil,makasih ya

Loza: iya sama-sama za J

Setelah obrolan berakhir,loza meletakkan smartphone nya kembali diatas tempat tidur. Merebahkan badannya kembali. Menatap langit-langit kamarnya. Minggu ini kelas nya akan mengadakan buka bersama,itu arti nya dia akan bertemu teman lama nya. Loza memejamkan mata,lalu membuka nya kembali. Ada sosok teman yang dulu ia kagumi saat SMP. Sosok pria yang dulu sempat membuatnya tertawa di setiap tindakannya saat meminjam catatan PR loza. Pria tersebut dulu nya adalah ketua kelas di kelas loza, evan nama nya, sedangkan loza menjadi bendahara nya. Jantung loza pun mulai berdetak hebat dan kencang saat kembali mengingat evan. Dua hari lagi buka bersama tinggal di depan mata. Loza pun lupa menanyakan kepada kila siapa saja yang ikut buka bersama. Jikalau nanti evan ikut, ingin rasa nya loza mengungkapkan apa yang dulu sempat tak tersampaikan kepada evan. Ada kesalah fahaman dalam menangkap dan mengartikan tindakan yang dulu nya akrab justru menjelang perpisahan malah menjauh. Ingin loza menanyakan apa alasannya evan lebih memilih diam dan menjauh? Ingin rasa nya loza berhadapan serta bertatap muka dengan evan, bertanya apakah evan memiliki perasaan yang sama terhadapnya? Ah,lagi-lagi masa lalu datang… fikir loza dalam hati. Ia pun membalikkan badannya, menutup mata nya dengan bantal.

***

“ za, kenapa sih,daritadi melamun gitu? Bawa buku Cuma di bolak-balik aja.”Tanya fera yang sedari tadi sibuk dengan kertas yang penuh dengan corat-coretan. Saking iseng nya menunggu dosen masuk kelas, itulah hal yang sering dilakukan fera untuk mengusir rasa jenuhnya. Menggambar,membuat puisi atau rangkaian kata di secarik kertas,itu adalah bagian yang dilakukan semua teman sekelas loza saat menunggu dosen yang masuk giliran kelas untuk member materi. Walaupun dosen telat masuk kelas,namun kelas loza selalu dalam keadaan tertib dan sunyi,karena kesibukan yang mereka lakukan masing-masing. Ya… itulah kegiatan mahasiswa jurusan sastra inggris,segala sesuatu bahkan sampai ke-isengan pun di sangku-pautkan dengan sastra.

“ gue lagi galau fer. Lagi engga karuan nih fikiran gue. Jantung gue dari kemarin berdetak kencang hebat. Banyak fikiran yang menggantung.” Jawabnya lemas

“ galau? Yaelah kaya anak muda aja lo ah pake acara galau. Kenapa sih? Cerita aja,mumpung mrs. Kelga belum masuk kelas nih.” Pinta fera.

“ beneran lo mau dengerin cerita gue? Engga penting sih emang,Cuma kaya nya gue butuh saran atau apalah dari lo,gitu hehe.”

“ya iyalah beneran. Udah cerita aja,kali aja gue bisa bantu meringankan fikiran lo haha .” Jawab fera. Fera pun mendekatkankursi serta meja tempat duduknya untuk mendengarkan cerita loza yang menurutnya cukup menarik untuk didengarkan.

“ gini fer. Kemarin siang pas gue lagi istirahat di kamar, temen SMP gue invite gue. Terus dia chat gue duluan. Ternyata ngajakin buka bersama bareng temen-temen gue waktu di kelas Sembilan fer.”

“terus?”

“ nah, buber nya itu minggu ini fer. Dan gue udah bilang ke dia kalo gue mau ikut. Buber nya itu diadain di rumah temen gue nama nya putri di daerah gempol fer. Karna gue engga tau rumahnya putri,kata dia gue bakalan dijemput kalo udah sampai gang di gempol .“

“ bagus dong. Terus, dimana permasalahannya?” jawab fera bingung

“ permasalahannya gue takut ketemu sama evan fer.”

“ evan itu siapa za?” Tanya fera semakin panasaran. Untuk menjawab pertanyaan fera, loza menatap kedepan, mencoba mengingat masa lalu dan menarik nafas lalu membuangnya perlahan.

“evan itu dulu ketua kelas di kelas gue. Gue kan bendahara nya. Dulu gue sama dia akrab banget fer. Dia sering minjem catatan atau rangkuman punya gue fer,ngobrol bareng,sampai English club pun bareng. Tapi detik-detik ujian nasional dia berubah fer. Gue sama dia jadi kaku. Gue juga mau bercanda sama dia lagi ngga enak soalnya respon dia udah engga kaya dulu. Dan lebih sakit nya lagi, pas perpisahan ke TMII, dia lebih memilih menjauh dari gue dan teman-teman fer. Gue liat dia naik kereta-kereta-an dibelakang gue tapi engga tegur sapa sama gue. Dan nanti kalau dia dateng di acara buber itu, gue pengen nanya sama dia fer,kenapa dia dulu menjauh? “ mata loza berkaca-kaca saat menceritakan kembali masa SMP nya.

“ lo dulumenaruh perasaan sama dia ya za?pasti deh,ya kan?” Tanya fera

“ko lo tau sih za?”

“itu,mata lo berkaca-kaca gitu nyeritainnya. Kalau lo punya kesempatan buat ketemu dia minggu ini, saran gue, lo lakuin apa yang pengen lo lakuin za. Lo Tanya apa yang lo pengen Tanya. Lo ungkapin apa yang lo rasain za,perasaan lo yang dulu, bahkan mungkin sampai sekarang gue yakin lo masih sayang sama dia kan za?”

“ iya fer. Gue sayang sama dia. Tapi dia beda fer sekarang.”

“beda? Beda gimana? Emang dia sekarang kuliah dimana?”

“ dulu gue sempet chat dia di facebook,kebetulan dia lagi online. Gue basa-basi nanyain kabarnya dia. Ya jawabannya pun simple dan singkat. Dan setiap gue Tanya,dia ngga nanya gue balik fer. Bener-bener kaku gue sama dia. Dia bilang dia kuliah di ITB jurusan peternakan fer karna dulu pas SMA, dia jurusan IPA.”

“oh di ITB. Mungkin lo ada salah kali za,maka nya dia kaya gitu. Atau mungkin dia suka sama lo,Cuma,mungkin lo dulu sempet deket sama orang lain,gitu nggak?”

“ ko lo punya fikiran gitu fer?”

“ ya kali aja. Kali aja dia suka sama lo,ternyata lo lagi deket sama orang lain,dan dia lebih memilih pergi za. Mungkin. Dulu,lo pernah deket sama siapa ngga,gitu pas SMP kelas Sembilan? “

Loza terdiam kemudian. Mengingat kembali. Dia menoleh ke arah fera,menatap wajah fera kosong.

“iya fer,gue inget. Dulu dari kelas delapan sampai kelas Sembilan,gue deket sama Daniel,temen kelas gue waktu di kelas delapan. Kata temen deketnya,dia suka sama gue,Cuma gue engga gubris dan ya,gue anggap Cuma keisengan belaka lah,nama nya juga anak kecil. Lagian juga dia non muslim,jadi engga mungkin kan gue bakalan sama dia pada akhirnya. Apa itu penyebabnya fer? Tapi kan,gue engga tau evan suka sama gue apa engga. Kalau iya,kenapa engga diungkapin aja coba? “

“ya karna itu za, karna evan tau Daniel yang lagi deketin lo. Dan dia,ngga mungkin bersaing sama Daniel. Gue rasa, evan tipikal orang yang hobi nya mengubur perasaannya hidup-hidup tanpa harus diungkapkan terlebih dahulu za. Dan saran gue,lo ajak dia ngobrol berdua,lo Tanya apa penyebab segala nya jadi kaku kaya gini za. Pahit atau buruknya jawaban dia nanti, se-engga nya itu meringankan beban fikiran yang selama ini menggantung lama di otak lo za. Jangan-jangan,cerpen-cerpen karya lo,itu semua terinspirasi dari dia deh.” Jelas fera

“ iya za. Semua cerpen yang gue bikin itu terinspirasi dari dia. Dari apa yang tak pernah tersampaikan sampai sekarang.” Loza menganggukan kepala nya perlahan.

“lo nya juga sama kaya evan sih. Hobi banget mengubur perasaan. Apa yang lo rasain,ya diungkapin za.”

“gue kan wanita fer,engga mungkin kalo…….”

“ engga mungkin kalo lo ungkapin apa yang lo rasain duluan,gitu za? Hei za, mengungkapkan apa yang kita rasain itu, belum tentu meminta dia buat jadi pacar kita za,belum tentu kita meminta belas kasihan dia untuk balas perasaan kita balik. Itu sih menurut gue. Daripada dipendem,mending diungkapin za,yakin deh. Belajar untuk jujur sama diri lo sendiri za, mungkin itu jauh lebih baik.” Ucap fera sambil menggenggam tangan loza.

“ iya fer. Gue akan lakuin itu minggu ini. Mudah-mudahan dia dateng. Makasih ya fer nasihatnya,lo dewasa banget.”

“ sama-sama za. Pokoknya kalau terjadi sesuatu, lo cerita sama gue,kali aja gue bisa bantu. Jangan sungkan-sungkan ya za.”

“pasti fer………”

***

Jam menunjukkan pukul 16:25 sore. Loza sedang merapihkan jilbab yang sudah ia kenakan. Tinggal menunggu hitungan jam, ia akan bertemu teman-teman lama nya. Dalam hati, ia berharap evan akan datang. Loza menambahkan sedikit lip gloss ke bibirnya. Sore ini ia terlihat manis dengan shirt berbahan twitscone berwarna soft dipadukan dengan jeans serta tas yang tersangkut di bahu kanan nya. Di acara buka bersama ini,ia sengaja tidak membawa motor karna kila bilang bahwa loza akan dijemput di gang *gempol. Setelah semua nya di rasa sudah siap,loza bergegas pergi menuju rumah putri.

Loza menaiki angkot *kwk 30 untuk sampai di gang *gempol. Sepanjang perjalanan, ia terdiam sambil melihat jalan raya yang dilalui angkot tersebut. Mengingat kembali ketika berangkat sekolah saat macet ia sering kali telat datang. Loza tersenyum sendiri mengingatnya. Handphone loza pun berbunyi. Chat bbm masuk. Ada dua chat bbm. Yang satu dari kila,dan satu nya lagi dari fera. Ia pun segera membuka nya.

From fera :

Fera: za, semangat buber nya!!! Jangan sedih dan bengong ya!! Dinikmatin J

Lalu sambil tersenyum,loza membalas :

Loza: iyaaaa nyonya J

Setalah membalas bbm dari fera,loza kemudian membuka chat dari kila.

From kila :

Kila: za,udah dimana? Jangan lupa kalo udah di gang,bbm ya, biar nanti anak-anak gue suruh jemput lo

Loza: lagi on way nih kil. Udah sampai gang profesi sih. Siapa yang jemput gue?

Kila: oh udah di gang profesi,yaudah nanti gue suruh jalan sekarang deh yang jemput lo

Loza: yaudah,tapi siapa yang jemput gue kil?

Chat terakhir loza belum di read sama kila. Kenapa jantung ini deg-degan ya? Fikirnya dalam hati. Tidak terasa loza sudah sampai di gang gempol. Loza turun dan membayar ongkosnya. Ia berdiri dekat warung di gang gempol,membuka handphone,berusaha menghubungi kila.

“ loza…” sapa laki-laki di belakangloza. Laki-laki itu berdiri tepat dibelakang loza masih dengan menggunakan helm danmasker penutup mulut. Loza pun menoleh ke belakang dan membatalkan telfon nya yang sedari tadi berusaha menghubungi kila. Loza terdiam saat menatap wajah laki-laki itu. Dia teramat sangat mengenal bentuk alis serta postur tubuh laki-laki ini. Jantung loza berdetak lebih kencang dan tubuhnya mengeluarkan keringat dingin. Kemudian, dengan perlahan laki-laki ini membuka helm dan masker nya. Betapa kaget nya loza, ternyata evan! Ternyata evan yang menjempu loza! Ya tuhan………..

“ evan…. “ sapa loza dengan suara terbata-bata

“ ya? Maaf ya buat lo nunggu lama. Yaudah naik yuk,anak-anak udah pada kumpul. Lagian juga udah mau maghrib.” Jawab evan singkat. Loza hanya mengangguk perlahan,menuruti apa yang evan katakan. Evan memakai helm kembali. Lalu dengan cepat,mereka meninggalkan gang gempol dan menuju rumah putri. Sepanjang perjalanan, tak ada pembicaraan apapun diantara mereka. Loza pun bingung ingin ngobrol apa dengan evan. Apalagi ini adalah pertemuan pertama nya bersama evan setelah tiga tahun tidak bertemu. Tidak terasa,mereka sudah sampai di rumah putri. Benar yang evan katakan, anak-anak sudah kumpul. Segala macam makanan dan berbagai minuman tersaji di ruang tamu rumah putri.

“lozaaaa…..” teriak kila. “ akhirnya lo dateng juga.” Tambahnya

“ hehe iya kil. Oh ya bbm gue drtd belum di read apa?”

“masa sih? Oh eh belum sempet pegang hp za,maaf ya. Tadi lagi sempet bantuin putri nyiapin makanan sama minumannya. Lo ngga nunggu evan lama kan?”

“oh gitu. Enggak ko kil. Santai aja hehe.”

“yaudah yuk duduk disini bareng. Udah mau maghrib.” Ajak kila. Loza pun duduk di lantai bersama teman-teman yang lain. Ternyata banyak yang dateng. Mereka mengobrol membicarakan apa kesibukan mereka masing-masing. Loza hanya terdiam. Menyaksikan keseruan teman-temannya mengobrol,lalu dengan tidak sengaja,ia melihat evan yang sedang memainkan handphone miliknya. Cukup lama loza memperhatikannya. tidak lama kemudian terdengar adzan berkumandang. Kami berdo’a bersama. Dan kila pun meminta evan untuk memimpin do’a nya.

“evan pimpin do’a dong. Secara dulu kan ketua kelas hehe.” Ledek kila. Evan hanya tersenyum. Senyum yang dulu sempat terukir saat loza dan ia bercanda. Tak banyak yang loza lakukan disana, ia hanya tersenyum tipis sambil menengadahkan kedua tangannya membaca do’a yang evan pimpin.

“bismillahirrohmanirrohim. Allohumma lakasumtu wabika aaamantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika ya arhamarrohimin,aaaamiiin.” Suara evan terdengar begitu lantang. Masih sama seperti dulu. Kemudian secara bersamaan kami menikmati hidangan yang sudah tersedia. Loza mengambil segelas air putih dan es campur yang sudah tersedia di hadapannya. Ditambah satu buah lontong sudah cukup membuat perut loza kenyang.

“za, diabisin gorengannya. Apa mau es campur lagi nih.” Kata risni

“iya za,diabisin ya,sayang banget nih,nyokap gue bikin banyak.” Tambah putri

“iya-iya makasih, udah cukup kenyang ini. Mau numpang sholat maghrib put,dimana ya?” Tanya loza

“oh mau sholat maghrib? Ayo ikut gue za.” Ajak putri. Loza pun beranjak dari lantai,tempat dimana ia duduk. Berdiri dan berjalan mengikuti putri yang mengantarkannya untuk ke kamar mandi mengambil air wudhu. Putri menunggu loza yang sedang mengambil air wudhu. Setelah selesai, putri mengajak loza ke kamar nya untuk tempat sholat loza.

“ ini mukena nya za. Kalo udah selesai, di taro disitu aja ya. Nanti anak-anak yang lain juga pada mau sholat.”

“iya put,makasih ya.”

“ ya sama-sama za.” Putri pun bergegas menuju ruang tamu,meninggalkan loza yang sedang sholat maghrib. Selang lima belas menit,loza selesai sholat maghrib. Setelah memakai dan merapihkan jilbab nya, ia pun menuju ruang tamu rumah putri. Teman-teman masih menikmati hidangan yang disajikan. Loza melirak-lirik keadaan sekitar,mencari keberadaan evan. Tidak ada. Lalu, loza memutuskan untuk keluar rumah putri.

“mau kemana za?” Tanya kila

“oh ini, mau beli pulsa dulu kil.” Jawabnya

“oh yaudah.”

Loza pun keluar rumah putri. Berjalan perlahan untuk mencari evan. Akhirnya dia menemukan evan sedang duduk sendiri di sebuah bangku panjang terbuat dari kayu menghadap ke pohon yang rindang. Menatap jalanan yang penuh dengan motor berlalu-lalang. Loza memberanikan diri mendekati nya. Inilah waktu nya. Waktu untuk mengungkapkan yang tak pernah tersampaikan. Jantung loza berdetak lima kali lipat dari biasa nya.

“van….. “ panggil loza. Evan pun menoleh ke belakang.

“yaaa…”

“ boleh gue duduk di samping lo? “ Tanya loza

“ boleh ko…” jawab nya singkat

“van…..” suara nya terbata-bata. Evan hanya menjawab panggilan loza dengan menatap wajah loza. Loza pun perlahan memberanikan menatap wajah evan.

“van,kenapa sih, di akhir kelulusan,lo berubah? “

“ emang lo ngerasa ada yang berubah dari diri gue? “ Tanya nya balik

“iya. Emang lo engga ngerasain perubahan yang ada di diri lo van? Lo tuh jadi jutek,menjauh,kaya jaga jarak sama gue. Apalagi pas ke taman mini pas lo naik kereta. Disitu gue liat lo menyendiri. Kenapa van? Apa gue punya salah sama lo yang ngga gue sadari?”

“engga ko. Lo ngga punya salah sama gue. Sama sekali engga punya.”

“terus kenapa van? Kenapa alas an lo ngejauh dari gue van?”

“ alasannya karna dulu gue suka sama lo za.” Ucap nya lantang. Mendengar ucapan evan,mata loza mulai berkaca-kaca. Dada nya terasa sesak.

“ dulu, gue suka sama lo za. Bahkan mungkin sayang. Cuma, waktu itu temen-temen lo yang lain pada ngejodohin lo sama Daniel kan? Maka nya gue lebih memilih mundur za. Gue juga mundur karna ada alasan. Pertama karna gue tau Daniel lebih dulu mengenal lo ketibang gue. Kedua karna gue engga lebih dari Daniel. Dan ketiga, gue rasa lo lebih respect sama Daniel ketibang gue. Selama gue temenan sama lo,selama gue deket sama lo, gue tau pada akhirnya lo akan memilih Daniel dan hanya menganggap gue temen biasa,maka nya gue lebih memilih menjauh untuk ngelupain semua nya.”

“ lo salah van. Lo terlalu cepet ambil kesimpulan. Kesimpulan dan femikiran lo salah. Udah gue duga,pasti salah faham van. Dari dulu gue engga ada rasa yang lebih sama Daniel van. Itu Cuma bisa-bisaan nya temen-temen gue aja. Sumpah demi tuhan van,sedikit pun engga ada rasa suka gue sama Daniel,apalagi niat buat memilih dia ketibang lo. Van,andai dulu lo tau,gue juga sayang sama lo van. Bahkan sampai sekarang van. Lo engga tau van,gimana cara gue buat menghubungi lo lagi. Buat nanyain kenapa lo ngejauh dari gue van.. “ air mata loza menetes saat menjelaskan nya pada evan. Isak nya ia sembunyikan agar tidak terdengar oleh evan. Suasana hening,sunyi.

“maaf van kalo selama ini gue baru bisa bilang sekarang. Maaf kalau semua nya telat. Karna baru sekarang gue baru berani jujur sama diri gue sendiri kalau gue harus ungkapin apa yang gue rasain apapun itu van. Termasuk rasa sayang gue sama lo yang terpendam selama ini.” Tambah loza. Evan menatap wajah loza kembali.

“ maaf za,semua nya telat. Gue udah bersama dengan orang lain. Dia yang mampu membuat gue melupakan semua nya. Termasuk sulitnya melupakan elo za… maaf karna gue yang bodoh ambil kesimpulan sendiri za. Kalau aja dulu gue jujur sama lo, dan gue tau lo punya rasa yang sama seperti gue, mungkin sampai sekarang gue masih sama lo za, dan engga ada niatan buat cari yang lain. Maaf za… gue engga bisa ninggalin Helen. “ loza menatap wajah evan lama. Mengumpulkan energy untuk membalas ucapan evan. Ia menarik nafas nya. Membuang nya perlahan dan bangkit dari tempat duduk nya.

“ lo engga salah za. Pola fikir kita yang salah. Bodoh untuk mengambil kesimpulan dan beranggapan semua nya akan baik-baik saja dengan mengubur perasaan itu dalam – dalam dan justru memilih menjauh untuk melupakan semua nya. Iya, jangan pernah tinggalin Helen. Jangan pernah sakiti hati nya. Gue yakin dia wanita yang baik za,wanita terbaik buat lo. Makasih ya za, lo udah kasih gue kesempatan buat ungkapin semua nya. Semua kata dan perasaan yang tak pernah tersampaikan sejak dulu.”

“za, satu yang ingin gue tanyain sama lo. Apakah sampai detik ini perasaan lo sama kaya dulu ke gue? “

“ iya. Masih sama van. Masih sama dan belum berubah.” Jawabnya lemas. “apalagi yang ingin lo tanyain ke gue? Dan apalagi pertanyaan dari lo yang butuh jawaban dari gue van?” tambah loza. Evan pun berdiri. Berhadapan dengan loza. Evan menganggukkan kepala. Ya, anggukan kepala yang menandakan evan mengerti semua nya dan tidak adalagi yang perlu dijelaskan. Semua nya kini tersampaikan. Namun, Tidak adalagi kesempatan untuk menjadikan itu semua penyatuan cinta. Loza tersenyum tipis menatap wajah evan dan berucap

“makasih van, aku pamit……” loza berbalik badan dan perlahan pergi meninggalkan evan yang masih berdiri menatapnya. Loza meyakinkan diri untuk menatap ke jalan raya, membiarkan pipi nya yang basah karna air mata terlihat oleh orang lain yang berlalu-lalang. Biarkan orang melihatnya,karna setiap orang berhak melihat apa yang ingin dilihat.

Terimakasih atas cinta yang pernah hadir van, ucapnya dalam hati…

*pim = pondok indah mall

*gempol = nama jalan yang ada di daerah kayu tinggi

*kwk = angkutan umum berukuran kecil

A cerpen by laily syahrini for dedicated my friend when I was JHS, you….

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun