Mohon tunggu...
Laili Nur Alifah
Laili Nur Alifah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hobi saya berenang

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Cara agar Belajar Matematika Lebih Asyik dan Mudah Dipelajarin

13 Juli 2022   18:24 Diperbarui: 13 Juli 2022   18:37 86 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tidak kerasa minggu ini sudah masuk sekolah kembali. Setelah dua minggu libur panjang akhir semester. Di awal sekolah mungkin ada beberapa siswa masuk sekolah kembali rada bingung dan masih kena efek liburan sekolah.

Mengingat sebelum libur ada pembagian rapot, yang dimana rata rata nilai matematika nya pas kkm. Ketika ditanya mereka menjawab bahwa mengerjakan matematika itu susah dan rumit. Yang membuat siswa menjadi malas menghitung, ogah ogahan untuk mengerjakan.

Berdasarkan hal tersebut, sekiranya bisa menggunakan cara agar belajar matematika terasa mudah dan mengasyikkan.

Harapannya, dengan berbagai cara ini masalah yang timbul dalam belajar matematika bisa diatasi sehingga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Ada beberapa cara agar belajar matematika lebih mudah dan mengasyikkan. Di antaranya yaitu :

1. Ubah mindset (bayangan) kalau matematika itu susah

Buang jauh-jauh bahwa matematika itu susah, ketika kita melihat soal tersebut kita coba pahami step by stepnya. Baru memulai untuk menjawabnya. Dengan kita menganggap matematika susah baru juga buka buku akan terasa pusing, kalau kita bayangan matematika mudah kita akan merasa penasaran terus ketika kita belum mendapat jawabannya.

2. Mencari suasana belajar yang menyenangkan

Misalnya ketika kita belajar matematika di rumah paling nyaman nih di tempat rame seperti coffe, atau restoran.  Kalau kita suka tempat yang hening bisa tempat di kamar tidur, atau ruang keluarga dirumah. Sesuaikan dengan nyaman nya kalian masing-masing untuk belajar matematika.

3. Membuat rumus-rumus matematika dengan rapih dan mudah kita pahami

Pertama, kita baca terlebih dahulu step nyaa. Kemudian kita rangkum rumus menjadi ringkasan yang mudah kita pahami. Agar tidak pusing untuk bolak balik mencari rumus di buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan