Surabaya (07/12/21) - Adanya masa Pandemi Covid-19 di Tahun 2021,memberikan dampak yang besar terhadap penurunan ekonomi masyarakat. Khususnya hal yang terdampak adalah di sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). UMKM merupakan peran penting dalam peluang usaha terutama bagi masyarakat untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif. Sehingga dengan adanya pengembangan untuk berusaha ditengah pandemi dapat meningkatkan stabilitas perekonomian Indonesia.
Dalam mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok R-12 Lailatul Azizah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya Prodi Manajemen melakukan kegiatan KKN dibawah bimbingan Dosen Ibu I.A Nuh Kartini, SE.,MM Program KKN yang dijalankan yaitu melakukan pendampingan masyarakat dalam pelatihan kewirausahaan membuat "Keripik Cireng Nasi" serta melakukan Pencegahan Penularan Covid-19 di era new normal di daerah Medokan Ayu, RT12/RW02, Kec. Rungkut, Kota Surabaya yang berlangsung mulai tanggal 07 oktober 2021 sampai 31 desember 2021.
Program ini merupakan salah satu upaya untuk membangkitkan ekonomi masyarakat khususnya di Medokan Ayu RT12/RW02 Kecamatan Rungkut Kota Surabaya serta memberikan penyuluhan mengenai penularan Covid-19 di era new normal . Dari hasil wawancara dengan warga Medokan Ayu melalui pelatihan kewirausahaan membuat "Keripik Cireng Nasi" dan penyuluhan mengenai pencegahan penularan Covid-19 Â yang mewadahi dikarenakan selama ini bermasalahnya perekonomian warga Medokan Ayu adalah menurunnya keahlian dan ketrampilan di massa pandemi dalam berusaha serta kurangnya kesadaran masyarakat pada prokes kesehatan di era new normal. seperti tidak memakai masker saat bepergian, tidak membawa handsanitizer dan sering tidak mengkonsumsi multivitamin.
Untuk mendukung proses pengembangan produk pemasaran melalui media sosial maka sebelumnya akan dilakukan seperti memberikan nya bimbingan terlebih dahulu tentang penting nya media sosial kepada warga. selanjutnya kegiatan untuk pembuatan "Keripik Cireng Nasi" bersama para ibu-ibu  lalu pembuatan akun sosial media (instagram) guna nya agar produk "Keripik Cireng Nasi"  ini dapat dikenal banyak orang dan juga melalui penjualan door to door seperti warung maupun toko.
Dan untuk mendukung proses penjualan/pemasaran yang dilakukan adalah pembaruan kemasan seperti pemberian logo dan packaging yang menarik dan unik serta membantu meningkatkan promosi produk menggunakan platform instagram. Sehingga, untuk lebih menarik perhatian orang orang dan meningkatkan ketertarikan pelanggan sebagai mahasiswa yang menjalakan KKN berinisiatif untuk membantu dengan membuatkan design logo khusus untuk usaha "Keripik Cireng Nasi" lalu memberikan standing pouch sebagai wadah produk tersebut. Agar diharapkan dapat menarik minat pembeli dan meningkatkan volume penjualan.