Mohon tunggu...
Alfredo Kway
Alfredo Kway Mohon Tunggu... Berusaha berbuat yang terbaik Untuk Tanahku Papua

Saya hanya mahasiswa Papua yang ingin sukses dan kembali membangun tanah kelahiran, Tanah Papua yang selalu saya rindukan, dan hanya dengan Tulisan saya menyuarakan Kebenaran

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Belajar Sejarah Masa Lalu untuk Masa Depan

2 Juli 2020   11:33 Diperbarui: 2 Juli 2020   11:33 21 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Sejarah Masa Lalu untuk Masa Depan
dokumen pribadi

Sejarah Bangsa ini sangatlah penting untuk dipelajari, karena setiap hal yang dilakukan pada masa lalu akan menjadikan kita semua pelajaran untuk masa kini dan masa depan. Mempelajari pendidikan sejarah perjuangan bangsa akan menjadikan kita menghargai apa yang sudah dilakukan oleh para pendiri bangsa dengan salah satu perwujudannya adalah selalu berfikir untuk kepentingan bersama dan kemajuan bangsa.

Masa lalu akan menjadi kenangan dan pelajaran yang berharga bagi generasi berikutnya. Sudah menjadi kewajiban bahwa setiap Generasi Bangsa jangan pernah melupakan sejarah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara dan sehari hari.

Kita harus belajar dari masa lalu, belajar dari sejarah panjang perjuangan bangsa ini dari sebelum kemerdekaan sampai sekarang, harus belajar bahwasanya pendahulu kita lebih mementingkan persatuan dan kesatuan bangsa daripada egoisme pribadi dan kesukuan.

Sejarah masa lalu juga mengajarkan pemahaman tentang apa dan bagaimana berkorban demi kepentingan yang lebih besar. Kita harus memahami nilai-nilai pengorbanan dan pengabdian dalam mencintai Tanah Air dan Negeri kita sendiri. Setiap Anak Bangsa harus mampu berfikir kritis apa yang bisa dilakukannya bagi negeri ini.

Generasi sekarang harus bisa berfikir lebih jauh lagi, tidak hanya sekedar pandai mengkritik, pidato atau retorika, namun harus dalam bentuk aksi yang nyata, kepedulian kita kepada Bangsa dan Negara sangatlah ditunggu. Aksi nyata berupa Tindakan dan karya akan lebih berguna demi kemajuan hidup berbangsa dan Bernegara.

Bagaimanapun tindakan kita yang terpenting adalah bermanfaat bagi sesama dan sekitar, bentuk hanyalah ragam, dan fungsi adalah tujuan, namun fikiran adalah kekuatan utama. Seperti kita yang setiap hari menjalani hidup dilewati arus masalah dan problematika, lalu mencari solusi untuk melintasi, mengatasi, menyelesaikan ataupun mencari jalan keluar.

Sesulit apapun kehidupan, jangan pernah merasa buntu dan hilang arah?

Semoga ke depan kita bisa menjadi lebih Baik (AK)

VIDEO PILIHAN