Mohon tunggu...
Mawan Sastra
Mawan Sastra Mohon Tunggu... Koki Nasi Goreng

Penggemar Fanatik (baca; Raisa)

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Juergen Klopp dan Harapan Kembalinya Dekade Kejayaan Liverpool

17 September 2019   07:56 Diperbarui: 17 September 2019   14:39 0 6 1 Mohon Tunggu...
Juergen Klopp dan Harapan Kembalinya Dekade Kejayaan Liverpool
skysports.com

Sebelum negara api menyerang, Liverpool adalah penguasa di Britania Raya. Sederet perestasi berhasil diraih. Tim sepak bola yang berdiri pada tahun 1892 bermarkas di kota pelabuhan ini, mengawali petualangannya sebagai klub profesional saat bermain di Liga Lanchasire dan keluar sebagai juara. Kemudian mengambil bagian di Divisi II liga inggris atau sekarang dikenal Football League Championship, itu terjadi pada musim 1893/1894. Pada musim pertama itu juga sukses menyabet juara dan meraih tiket promosi ke Divisi I (Liga Inggris).

Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi Liverpool muda meraih juara di Liga Inggris bersama pelatih Tom Watson pada musim 1900/1901. Juara itu kembali diraih lima tahun kemudian oleh masih pelatih yang sama. Juara baru bisa diraih kembali di musim 1921/1922 dan 1922/1923.

Liverpool pun mengalami masa paceklik selama dua dekade tanpa tropi. Penantian panjang akhirnya terbayarkan pada musim 1946/1947 Liverpool berhasil menambah gelar ke-5 mereka. Namun lepas itu masa paling apes pun tiba, Liverpool mengalami degradasi di musim 1953/1954.

Cahaya Anfield yang semula redup perlahan-lahan meng-ugrade sinarnya hingga sampai pada titik yang paling terang. Semua dimulai ketika Liverpool ditangani oleh Bill Shankly. Perombakan besar-besaran beliau lakukan terhadap tim.

Dan ini membuahkan hasil. Dimulai saat Liverpool kembali ke liga utama 1961/1962.

Selang dua tahun kemudian juara yang dirindukan itu akhirnya disabet. Di era Bill Shankly pula untuk kali pertama Liverpool berhasil menjadi juara FA Cup. Sukses pula mengawinkan tropi Liga Inggris dan Piala UEFA.

Suksesor Bill Shankly di Anfield tak lain adalah Bob Paisley. Bisa dikatakan Liverpool mengalami masa kejayaannnya di era ini.

Tak tanggung-tanggung selama 9 tahun bertindak sebagai manajer, Bob Paisley memberikan; 3 Piala Champions, 1 Piala UEFA, 6 Liga Inggris dan 3 Piala Liga. Juga melahirkan para pemain bintang, sebut saja Alan Hansen, Kanny Dalgish, hingga Ian Rush.

Liverpool sukses meraih treble winner pertama mereka terjadi pada era kepelatihan Joe Fagan. Musim 1983-1984 meraih juara Liga Inggris, Piala Liga dan Piala Champions. Pencapaian ini menjadikan Liverpool adalah tim dari Liga Inggris pertama yang berhasil melakukannya.

Tahun 70-an berlanjut tahun 80-an adalah dekade kejayaan Liverpool. Menjadi penguasa Liga Inggris dan juara Piala Champions beberapa kali kesempatan. Dekade kejayaan ini ditutup oleh era kepelatihan Kanny Dalgish. Memberikan 3 tropi Liga Inggris. Terakhir pada musim 1989/1990. 

Tetapi setelah itu, Liverpool tidak pernah lagi mencicipi gelar Liga Inggris, kendati demikian Liverpool tetaplah melahirkan pemain kelas dunia, katakanlah Robbie Fowler, Jamie Redknapp, David James hingga Michael Owen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x