Oleh: Kunti Lailina MahmudahÂ
D3 Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Sultan Agung Semarang
Dijaman modern ini, dalam melakukan pemasaran prudok dan jasa sangatlah berbeda dengan jaman dahulu. Apabila jaman dahulu melakukan pemasaran dengan cara promosi dari satu orang ke orang yang lain, maka dijaman modern ini tentu saja dapat meningkatkan metode pemasaran yang jauh lebih menarik, misalnya menggunakan teknologi yang canggih, sehingga konsumen lebih tertarik dengan metode pemasaran dijaman sekarang.
Terdapat beberapa strategi pemasaran yang efektif yang perlu dikenali antara laian: Kenali pasar dan pelanggan maksudnya adalah telitilah terlebih dahulu kalangan mana yang akan menggunakan produk dan jasa yang akan kita pasarkan. Misalnya, perusahaan bergerak dibidang kosmetik remaja dan klinik perawatan wajah.Â
Untuk itu, kita dapat memulai dengan cara membidik pasar yang sesuai dengan produk kita yaitu remaja dengan usia antara 13-25 tahun. Semakin kecil pasar yang kita bidik, maka semakin besar peluang kita untuk sukses dilingkup pasar tersebut. Promosi, untuk melakukan promosi maka kita perlu membuat kreativitas dan inovasi-inovasi yang menarik untuk memikat daya Tarik konsumen dan melakukannya secara konsisten atau terus-menerus agar konsumen dapat menerapkan produk dan jasa kita pada top of minds nya, serta mengamati bagaimana pesaing kita melakukan promosi, pilah-pilah mana yang kira-kira menjadi kekurangan pesaing kita, sehingga apa saja yang menjadi kelebihan mereka dapat kita terapkan pada perusahaan kita.Â
Pilih tempat usaha yang strategis, memilih lokasi yang strategis untuk produk dan jasa kecantikan, maka kita bisa membuka usaha di stand di mall karena tempatnya yang cukup strategis dan sering dikunjungi para remaja wanita sehingga memungkinkan peluang pasar yang cukup besar. Menggunakan online marketing, dengan metode online marketing kita dapat memanfaatkan perkembangan teknologi yang canggih, kita dapat menggunakan metode pemasaran via social media, sehingga kita dapat meminimalisir pengeluaran kita karena tidak perlu mencetak brosur maupun spanduk dalam memasarkan produk dan jasa yang kita pasarkan. Menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, menaggapi feedback yang mereka berikan dan dengan masukan-masukan serta meminta testimony tentang produk dan pelayanan jasa kita kepada mereka serta memberikan diskon dihari hari tertentu.Â
Dengan melakukan hal tersebut, maka pelanggan akan merasa dihargai, hal tersebut akan menjadikan perusahaan kitan sangat baik dimata mereka sehingga kemungkinan besar merekan akan mempromosikannya kepada rekan dan kerabat mereka. Evaluasi dan tingkatan produk, Mengevaluasi apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan pada produk dan jasa yang kita miliki, kemudian kembangkan kelebihan yang terdapat pada produk dan jasa yang kita milikidan kurangi kelemahan yang ada serta mempelajari hal hal yang dapat meningkatkan produk dan jasa yang kita miliki sehingga pelanggan akan merasa semakin puas dengan pelayan yang kita berikan.
Â