Mohon tunggu...
Ali Izza
Ali Izza Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Semua kata pernah dikalimatkan

Mau tidur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa MBKM FH UNEJ Ikut Membantu Melayani Laporan Masyarakat di SPKT Polres Jember

6 Desember 2022   17:16 Diperbarui: 6 Desember 2022   17:42 79
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. 

Melalui Merdeka Belajar -- Kampus Merdeka, mahasiswa memiliki kesempatan untuk 1 (satu) semester atau setara dengan 20 (dua puluh) sks menempuh pembelajaran di luar program studi pada Perguruan Tinggi yang sama; dan paling lama 2 (dua) semester atau setara dengan 40 (empat puluh) sks menempuh pembelajaran pada program studi yang sama di Perguruan Tinggi yang berbeda, pembelajaran pada program studi yang berbeda di Perguruan Tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar Perguruan Tinggi.

Di Universitas Jember sendiri mahasiswa yang mengikuti MBKM Magang diperbolehkan memilih beberapa instansi yang telah bekerjasama dengan pihak Fakultas Hukum, mulai dari Polres Jember, Kejaksaan, Pengadilan Negeri dan masih banyak lagi.

 Bagi mahasiswa yang memilih magang  di Polres Jember masih dibagi lagi dalam beberapa kelompok kecil yang berisi masing-masing dua belas orang dan dibuat perputaran penempatan tidak hanya di Polres Jember saja, tetapi ada yang mendapatkan penempatan di Polsek Sumbersari. Polsek Kaliwates dan Polsek Patrang. Untuk kegiatan di tiap lokasi (Polsek atau Polres) penempatannya masih dibagi lagi ke dalam beberapa unit, seperti Unit Reskrim, Unit SPKT, Unit Intelkam dan Unit Binmas. 

Dokpri
Dokpri

Pada Unit SPKT mahasiswa ikut membantu melayani pembuatan surat laporan kehilangan bagi masyarakat yang melakukan pengaduan kehilangan barang, seperti KTP, ATM, Buku Rekening dll. Beberapa kali juga mahasiswa sempat membantu pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) untuk laporan tindak kejahatan dilakukan oleh petugas unit Reserse Kriminal yang sedang tugas piket. Di SPKT sendiri melayani aduan dan menerima laporan dari masyarakat selama dua puluh empat jam, tetapi ada jam istirahat dan sholat ketika memasuki waktu sholat. Untuk mahasiswa yang melakukan magang hanya melayani dari pukul 09:00 WIB -- 15.00 WIB.

Pembelajaran dalam MBKM Magang memberikan tantangan dan kesempatan untuk pengembangan kreativitas, kapasitas, kepribadian, dan kebutuhan mahasiswa, serta mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika lapangan seperti persyaratan kemampuan, permasalahan riil, interaksi sosial, kolaborasi, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun