Kumil Laila
Kumil Laila

Selalu berusaha dan bersyukur.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bagaimana Cara Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak?

12 Oktober 2018   12:00 Diperbarui: 19 Oktober 2018   12:34 170 0 0

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengembangkan kecerdasan spiritual anak, kita telaah terlebih dahulu, apasih kecerdasan spiritual itu?

Kecerdasan spiritual menurut Donah Zohar dan Ian Marshall adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan masalah makna dan nilai, kecerdasan menempatkan perilaku dan hidup manusia dalam konteks makna yang lebih baik luas dan kaya, serta kecerdasan untuk menilai bahwa jalan hidup seseorang lebih bermakna dibandingkan orang lain.

Berikut ini adalah cara bagaimana kita mengembangkan kecerdasan spiritual anak.

1.TeladanĀ 

Keteladanan menjadi hal yang sangat penting dalam mendidik anak. Anak pada dasarnya akan meniru apa yang dilakukan orang-orang di sekitarnya, terutama keluarganya di rumah. Jadi, jika anda ingin mengajarkan tentang kecerdasan spiritual kepada anak. Maka, anda harus terlebih dahulu sudah mempunyai kecerdasan spiritual. Tidak lupa bahwa Anak itu belajar dari perilaku orang dewasa atau orang yang ada disekitarnya. Pastikan bahwa perilaku anda dapat ditiru oleh anak-anak.

2. Bantulah Anak Anda untuk Merumuskan Tujuan Hidupnya

Banyak anak yang didoktrin oleh orangtuanya dengan tujuan hidup yang sebenarnya tidak dimengerti oleh anak. Misalkan saja. "Apabila kamu sdah besar nanti, kamu harus jadi orang pintar dan kaya ya nak... ". Anak-anak yang hanya diunggulkan dengan hal-hal duniawo saja, maka yang hanya diperoleh anak hanyalah nafsunya yang tidak akan terpuaskan olehnya.

3. Bawalah Anak Ke Akam "Kesucian"

Maksudnya disini adalah membawa sikap anak kepada kecerdasan spiritual. Apa yang bisa dilakukan? Ajaklah anak anda ke suatu pengajian atau setiap sore di sekolahkan di tpq dekat rumah.

Ajaklah anak anda dan keluarga untuk bersama melakukan apa yang menjadi kewajiban manusia sebagai makhluk Tuhan,seperti bersyukur atas pemberian Tuhan, ibadah (sembahyang), sabar menghadapi musibah, dan tangguh saat ujian datang.

4. Mendongenglah

Sesibuk apapun anda, usahan luangkan waktu sekedar untuk membacakan cerita. Jika anda sibuk, bisa meminta bantuan kepada pengasuh anak yang ada di rumah. Dongeng-dongeng yang bisa dijadikan referensi, seperti dongeng yang mengandung nilai moral yang bermanfaat. Yang mana pendidikan moral ini dapat menstimulus kecerdasan emosional dan spiritual anak.

Selain dengan cerita langsung, anda juga dapat menggunakan CD-CD lagu religi, film anak, dan kisah-kisah yang mengandung unsur spiritual.

Terimakasih.

Semoga Bermanfaat.