Mohon tunggu...
Gerardus Kuma
Gerardus Kuma Mohon Tunggu... Guru - Non Scholae Sed Vitae Discimus

Gerardus Kuma. Pernah belajar di STKIP St. Paulus Ruteng-Flores. Suka membaca dan menulis. Tertarik dengan pendidikan dan politik. Dan menulis tentang kedua bidang.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

SMPN 3 Wulanggitang Adakan Pembagian Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik

20 Juni 2021   15:37 Diperbarui: 20 Juni 2021   15:38 29 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
SMPN 3 Wulanggitang Adakan Pembagian Buku Laporan Hasil Belajar Peserta Didik
Pembagian Buku Laporan Hasil Belajar Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Dok.pribadi

SMPN 3 Wulanggitang mengadakan pembagian buku laporan hasil belajar siswa kelas VII dan VIII semester genap tahun pelajaran 2020/ 2021 pada Kamis (17/06/2021). Kegiatan ini diawali dengan pertemuan bersama orangtua wali dan pendidik SMPN 3 Wulanggitang di aula Spentig Hewa, desa Hewa, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMPN 3 Wulanggitang, Kristina Sabu Punang, S.Pd menyampaikan beberapa informasi, arahan dan penegasan kepada orangtua dan siswa. Menurut Kris Punang, pendidikan di masa pandemic Covid-19 mengalami tantangan dan problematika. Di mana demi menghindari penularan virus korona, pembelajaran tatap muka di sekolah tidak dijalankan seperti dalam kondisi normal.

Di masa pandemic Covid-19, anak lebih banyak berada di rumah. Hal ini menuntut orang tua untuk lebih berperan dalam mendampingi dan memperhatikan belajar anak di rumah. Walau demikian sekolah tidak melepas tangan atas pendidikan anak. Lembaga pendidikan SMPN 3 Wulanggitang tetap berkomitment memenuhi hak anak untuk mendapatkan pendidikan. Karena itu selama semester genap tahun pelajaran 2020/ 2021, proses pembelajaran tetap dijalankan dalam bentuk belajar dari rumah dan tatap muka dengan sistem sif.

"Di awal semester genap, bulan Januari hingga Maret siswa melaksanakan pembelajaran dari rumah. Di mana Bapa Ibu guru Spentig Hewa mengunjungi siswa di setiap kampung. Sejak bulan April seiring pemberian ijin tatap muka terbatas oleh pemda Flores Timur, pembelajaran dilakukan di sekolah dengan sistem sif," ungkap Kris Punang.

Selain proses pembelajaran, SMPN 3 Wulanggitang membuka ruang bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat mereka. Di mana selama semester genap ini dua orang siswa mengikuti perlombaan puisi secara virtual yang diselenggarakan penerbit Erlangga. Karena itu orangtua diharapkan mendukung anak-anaknya untuk mengembangkan bakat dan minat mereka.

Informasi lain yang disampaikan kepala sekolah adalah penerimaan peserta didik baru tahun pelajaran 2021/ 2022. Di mana pendaftaran siswa baru dibuka mulai tanggal 16-25 Juni 2021. Pendaftaran ulang dilaksanakan tanggal 5-6 Juli untuk siswa kelas VII. Pendaftaran ulang siswa kelas VIII dilaksanakan tanggal 7-8 Juli dan siswa kelas IX tanggal 9-10 Juli.

Dalam pertemuan tersebut juga diumumkan peringkat tiga besar setiap kelas di masing-masing tingkat dan peringkat tiga besar sekolah. Peringkat tiga besar sekolah mulai dari peringkat pertama diraih oleh siswa berturut-turut sebagai berikut: Maria Olon Soge (siswa kelas VIIIB), Hilarius Ola Muda (siswa kelas VIIC) dan Roy Robert Liwu (siswa kelas VIIC).

Sebagai bentuk apresiasi dan motivasi lembaga memberikan penghargaan kepada tiga siswa yang meraih prestasi sebagai peringkat terbaik sekolah tersebut. Penghargaan yang sama juga diberikan kepada siswa Ana Paskalia Anjeli Ladang dan Maria Susanti Demaya yang mewakili sekolah mengikut perlombaan pidato secara virtual.

Setelah pertemuan, dilanjutkan dengan pembagian buku laporan hasil belajar siswa bersama masing-masing wali kelas di kelas. Dan seluruh kegiatan ini dilakukan dengan memperhatikan aturan kesehatan di masa pandemic covid dengan mengenakan masker dan berjaga jarak.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x