Mohon tunggu...
Krisna Saputra
Krisna Saputra Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hai Saya Mahasiswa Stikom Yogyakarta

Hai Saya Mahasiswa Stikom Yogyakarta dan asal saya dari Bali

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Implementasi dan Dampak Berbagai Persepektif Teori Komunikasi dalam Industri Media

29 November 2021   13:00 Diperbarui: 29 November 2021   13:33 92 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Perspektif adalah sudut pandang secara spesifik dan beragam dalam melihat suatu fenomena atau gejala tertentu yang hendak dikaji, dari berbagai-bagai unsur yang bisa membedakan sebuah teori satu dengan yang lain. Perspektif memungkinkan terjadinya perbedaan teori dalam mengkaji dan menafsirkan gejala gejala yang ada.

Bisa saja sebuah fenomena didekati dengan teori yang beragam rupa sesuai dengan perspektif yang ada. Perspektif tentu saja berbeda dengan paradigm, definisi dan tradisi. Karena masing-masing punya sudut pandang yang berbeda. Perbedaan antara perspektif dengan definisi adalah kalau definisi merupakan suatu penjelasan atau suatu eksplikasi dari sesuatu.

Berbicara mengenai prespektif teori komunikasi, kita tidak lepas dengan yang Namanya media atau alat atau juga bisa dikatakan dengan media masa. Nah pengertian dari media massa atau juga bisa disebut pers adalah istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.

Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.

Nah implementasi dari prespektif teori komunikasi dalam industri media adalah

Pra Positivistik

Bila dikaitkan dengan industri media. Tentu dengan adanya industri media perubahan teknologi zaman sekarang berubah dengan sangat pesat dan bisa merubah cara pandang kita terhadap apapun. Tetapi pada zaman dahulu media tidak sepesat seperti zaman sekarang. Contohnya manusia sebenarnya dekat dengan sekali yang Bernama media atau alat. nah seperti halnya berkomunikasi. 

Manuasia pada zaman dulu berkomunikasi dengan alat gambar atau bisa dikatakan menggambar menggunakan bebatuan dan digoreskan pada goa-goa yang ada disekitar mereka. Dengan hal tersebut manusia pada zaman purba bisa berkomunikasi dengan orang lain yang ada disekitar mereka dengan mudah

Positivistik

Nah dari sejarah dan data yang terkumpul didalam industri media. Banyak sekali perubahan yang terjadi didalamnya, baik dari segi alat, jaringan dan lainnya. contohnya Seperti halnya kita dulu berhubungan sama teman sekolah atau teman kerja. Dulu kita hanya bisa berhubungan lewat pertemuan di sekolah, di kantor atau kita bisa berhubungan lewat telephone umum. 

Tetapi sekarang kita bisa berhubungan lewat smartphone yang ada digengaman kita dan bisa video call dengan teman dan siapapun yang kita kenal lewat sosial media. Jadi hal yang terjadi pada perubahan media dan industri medialah yang membantu dan membuat kita menjadi mudah dari hal apapun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan