Mohon tunggu...
Kompasiana News
Kompasiana News Mohon Tunggu... Editor - Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana: Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Mengeksekusi Rencana Sesuai Passion setelah Pensiun sampai Konsisten Menjalani Gaya Hidup Sehat

4 Oktober 2021   21:36 Diperbarui: 7 Oktober 2021   14:22 324 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi pensiun dan saatnya nengeksekusi rencana sesuai passion. (sumber: PEXELS/Andrea Piacquadio)

Sebagai seorang manusia, bekerja adalah hal yang tidak pernah lepas dari kehidupannya. Entah bekerja karena passion atau keadaan yang mengharuskannya.

Banyak sekali orang-orang di luar sana yang bekerja di suatu tempat hingga lama, bahkan sampai pensiun. Lalu, setelah mereka pensiun, apa yang akan mereka lakukan?

Mungkin beberapa orang berpendapat, bahwa orang yang sudah pensiun akan menghabiskan waktu dirumah tanpa melakukan apapun. Tetapi, bukankah lebih baik masa pensiun digunakan untuk mencoba hal yang baru.

Menurut Kompasianer I Ketut Suweca, jika pensiunan berdiam diri maka ia sebagai laskar tak berguna. 

Oleh karena itu, sangat perlu tetap beraktivitas sesuai dengan kemampuan tanpa memaksakan diri dan harus menyesuaikan kegiatan dengan kondisi fisik yang ada.

Selain mengeksekusi passion setelah pensiun dan konsisten jalankan gaya hidup sehat, ada juga pensiunan jadi manusia silver, belajar kehidupan di usia senja dalam Hometown Cha Cha Cha, hingga mencegah brownout.

Berikut konten-konten menarik di Kompasiana agar bisa menyesuaikan hidup walau sudah masuk masa pensiun.

Masa Pensiun, Saatnya Mengeksekusi Rencana Sesuai Passion!
Pensiun | Sumber: Pexels/Anna Shvets
Pensiun | Sumber: Pexels/Anna Shvets

Ketika sudah pensiun, buatlah rencana kerja mengenai apa yang ingin Anda perjuangkan dan raih dalam setahun ke depan, tanpa melibatkan kondisi fisik yang berisiko.

Agar bahagia menjalankannya maka, membuat rencana setelah pensiun rencana yang sesuai dengan minat terbesar atau passion Anda yang dapat mengisi waktu di masa tua. (Baca selengkapnya)

Pensiunan Jadi Manusia Silver, Apa Artinya untuk Anda?

sumber: suara.jateng.com
sumber: suara.jateng.com
Beberapa waktu sempat viral mengenai manusia silver yang tertangkap razia Satpol PP di Semarang Barat. Ternyata manusia silver itu adalah seorang pensiunan polisi yang telah mengabdi 19 tahun dan berpangkat Aipda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan