Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Politik Artikel Utama

Setnov, Meme, dan Kegeraman Masyarakat Padanya

23 November 2017   17:32 Diperbarui: 23 November 2017   18:28 3147 4 1
Setnov, Meme, dan Kegeraman Masyarakat Padanya
Nasional Kompas

Setya Novanto seakan dekat dengan kontroversi, setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Anti Korupsi (KPK), seketika itu pula ia sakit. Setelahnya, ketua Partai Golkar tersebut lolos dalam jerat hukum, rompi oranye KPK tak jadi melekat pada tubuhnya. Kontroversi kembali hadir, kali ini ia mempolisikan warganet yang menyebarkan mememiliknya.

MemeĀ adalah sebuah gambar guyonan yang disusun atau dimodifikasi sedemikian rupa untuk mewakili pendapat si pembuatnya. Pro dan kontra tentu saja mengiringi penyelesaian kasus ini. Pasalnya, memeĀ yang sekadar candaan-meski terkadang menyiratkan sentilan- dianggap sebuah jalur baru masyarakat untuk menyuarakan pendapat dan segala keresahannya terhadap satu hal, termasuk kasus yang menjerat Setya Novanto ini. Berikut adalah lima artikel pilihan terkait kasus meme Setya Novanto.

1. Penebar Meme Setya Novanto Diproses, Wujud Ketakutan yang Berlebihan

Nasional Kompas
Nasional Kompas

Meme merupakan satu cara untuk mengkritik dan hal tersebut yang dilakukan ketika Setya Novanto terjerat kasus korupsi e-KTP. Namun pelaku penyebaran konten tersebut dipolisikan, padahal di sisi lain, sistem politik di Indonesia yakni demokrasi menghalalkan segala macam kritik.

Namun perlu didasari bahwa kritik ada batasannya yang terpatri dalam etika dan norma di masyarakat, toh politisi juga manusia bagaimanapun rupa. Bisa jadi, suatu saat jika "setan lewat" kita terjerembab dalam lembah tempat Setnov berada.

Penyebar meme itu akhirnya terjerat pasal karet, pasal sarat akan bayang-banyang kediktatoran penguasa yang termaktub dalam termaktud dalam pasal 27 ayat 3 UU No 19 tahun 2016 tentang ITE. Simak ulasan lengkapnya pada tautan di bawah ini.

Selengkapnya.

2. Instropeksi Sajalah

dokumentasi pribadi Gus Noy
dokumentasi pribadi Gus Noy

Menjadi seorang tokoh tidaklah mudah, ia harus siap mental jika suatu saat mendapat kritik dari orang lain, bahkan menjurus pada cemoohan. Setnov mendapatkannya sekarang, dengan beredarnya meme tentang dirinya.

Meme adalah turunan dari karikatur yang bersifat menghibur untuk penikmat maupun pembuatnya, sedangkan nilai seseorang terkait "menghibur" berbeda-beda. Setnov telah menunjukan bahwa ia tak terhibur dengan ide kreatif ini, hingga akhirnya menempuh jalur hukum formil.

Intinya, intropeksi diri, termasuk otokritik. Jika meme dirasa memiliki dampak buruk, tak usah kelewat risau, karena hidup ini penuh konsekuensi bahkan risiko terhadap apapun.

Selengkapnya.

3. Jika Bukan Setya Novanto, Akankah Kasus Meme seheboh ini?

image by wow.tribunnews.com
image by wow.tribunnews.com

Banyak sekali tokoh dunia seperti Bad Luck Bryan yang digambarkan selalu sial dalam hidupnya, Yaoming karena ekspresi wajahnya begitu konyol, atau good guy yang wajahnya dijadikan meme, bahkan terkenal hingga seantero jagad. Namun mereka tak pernah melaporkan kejadian tersebut pada pihak berwajib.

Indonesia juga punya tokoh yang wajahnya kerap dijadikan gambar kreativ ini, sebut saja Kak Seto dengan kata seledingdan seorang Polwan yang sering berkata "di situ saya merasa sedih" dalam satu program acara. Walau terkesan kocak dan sedikit melecehkan, toh karena dianggap lucu sehingga pembuat gambar tersebut tidak dipolisikan.

Dari kasus ini seharusnya masyarakat dalam menjalani kehidupan di dunia maya harus berhati-hati untuk berbuat sehingga kasus pelaporan oleh Setya Novanto tidak terjadi di kemudian hari.

Selengkapnya.

4. Antara Yao Ming, SB, dan Setnov

Sumber: lenguatjesiibau.blogspot.com
Sumber: lenguatjesiibau.blogspot.com

Produksi meme di jagad maya seakan menjadi jamur di musim penghujan. Produksi dan penyebaran meme menjadi satu tindakan yang bisa dikatakan membuat netizen tertawa menghadapi tindak tanduk para tokoh dunia.

Di dalam negri, salah satu meme yang cukup menghibur netizen adalah meme bergambar Alm Sutan Bhatoegana. Seorang politikus yang terkenal dengan sikap nyeleneh dan menjurus pada menyebalkan, tapi ia adalah tokoh jenaka dengan segala umpatan spontannya. Walau semasa hidupnya gambar meme tentang dirinya telah beredar luas, dirinya tak merasa risau.

Namun kejadian tersebut tidak diikuti oleh Setnov, ia malah memperkarakan apra penyebar meme tentang dirinya ke pihak berwajib.

Selengkapnya.

5. Petisi Change.org: Ajaib! Sejak Kapan Humor Bisa Dipenjarakan?

Nasional Kompas
Nasional Kompas

Setelah Setya Novanto secara resmi melayangkan gugatannya pada penyebar meme miliknya, warganet yang geram dengan tindakan ini membuat petisi online untuk mencabut aduan dan menghentikan penyidikan kasus meme Setnov. Pembuatan petisi ini merupakan bukti bahwa banyak masyarakat yang tidak setuju dengan tindakan politikus Partai Golkar tersebut.

Penandatanganan petisi ini diharapkan mampu menekan keinginan Setnov untuk membawa permasalahan ini ke ranah hukum. Dan petisi ini dianggap sebagai salah satu cara masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses politik.

Bagaimana cerita selengkapnya? Simak ulasan lengkapnya pada taudatn di bawah ini.

Selengkapnya.

(LUK/yud)