Kompasiana News
Kompasiana News

Akun ini merupakan resmi milik Kompasiana. Kompasiana News digunakan untuk mempublikasikan artikel-artikel hasil kurasi, rilis resmi, serta laporan warga melalui fitur K-Report (flash news).

Selanjutnya

Tutup

Tekno highlight headline

Mengintip Fitur Baru Facebook yang Akan Menyaingi Youtube

11 Agustus 2017   16:53 Diperbarui: 11 Agustus 2017   19:20 790 6 1
Mengintip Fitur Baru Facebook yang Akan Menyaingi Youtube
Sumber: https://www.androidcentral.com

Facebook merupakan salah satu media sosial yang masih digemari warganet sampai saat ini. Dalam perkembangannya, Facebook kerap melakukan pembaruan fitur secara berkala. Salah satu yang terbaru saat ini adalah fitur "Watch" yang akan memudahkan pengguna untuk menonton video yang tersebar di Facebook.

Nampaknya Facebook masih belum bosan untuk "memanjakan" penggunanya. Setelah meluncurkan fitur "Story" beberapa waktu lalu, kini Facebook akan merilis fitur "Watch" yang konon akan menyerupai Youtube.

Fitur Watch ini bisa hadir karena Facebook melihat para penggunanya yang sering berbagi dan menyebarkan konten berupa foto, meme, dan video. Nah, fitur Watch ini akan memudahkan para pengguna untuk menyaring semuanya.

"Kami memperkenalkan Watch, platform baru untuk pertunjukkan video di Facebook. Watch akan tersedia di ponsel, di desktop dan laptop, dan di televisi pintar. Konten yang ada pada Watch akan terdiri dari video live maupun rekaman, dan akan memiliki tema maupun storyline. Untuk membantu Anda mengikuti acara yang Anda ikuti, Watch memiliki daftar tayang sehingga Anda tidak pernah ketinggalan episode terbaru." dikutip dari halaman resmi Facebook. 

Seperti Youtube, pada platformWatch ini nantinya pengguna Facebook bisa berlangganan atau subscribeke channel favoritnya. Channel favorit ini akan masuk ke dalam tabWatchlist.

Mengikuti tren generasi sekarang yang lebih menikmati aksi visual, pengguna Watch akan lebih dimudahkan dalam menonton video yang mereka inginkan. Di sini mereka bisa mem-filter tayangan apa yang ingin mereka tonton, seperti apa yang sedang tren dan ramai dibicarakan, sampai shows apa yang teman mereka like and share.

Facebook sendiri telah menyatakan bahwa platformWatch ini nantinya tersedia dalam versi mobile, Desktop, dan aplikasi SmartTV. Showsatau tayangan yang tampil di Watch akan dimunculkan dalam berbagai versi. Shows itu sendiri nanti akan berupa live streaming, dan ada juga yang berbentuk rekaman atau semacam serial TV yang memiliki beberapa episode.

Facebook menghadirkan Watch ini nyatanya juga ingin mendukung para tokoh besar dan komunitas agar saling berinteraksi dengan fans dan anggotanya melalui shows. Tentu ini ditujukan supaya mereka bisa merasa lebih "terkoneksi" di mana dan kapan saja. Melalui platformWatch ini, rasanya juga bisa dipakai sebagai engagementyang optimal dari para influenceruntuk mencuri perhatian para pengikut setianya.

Sebetulnya menurut kami sendiri, Watch ini adaah terobosan yang cukup besar dan mungkin bisa saja tidak terkontrol sewaktu-waktu apabila tidak termoderasi dengan baik. Pasalnya, Watch yang menyajikan live streaming shows, bisa saja nantinya akan disalahgunakan untuk kepentingan yang tidak baik. Namun, tentu Watch ini akan memberikan dampak yang sangat positif untuk mendukung kegiatan serta aktivitas tertentu.

Watch ini akan resmi dirilis oleh Facebook pada tanggal 28 Agustus dengan menampilkan 40 original shows. Kita tunggu saja bagaimana keseruannya!

(FIA/yud)