Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Artikel Utama

Suku Bunga Tabungan Kini Bisa 0 Persen, Apa yang Membuat Menabung di Bank Menarik?

15 September 2022   20:59 Diperbarui: 16 September 2022   05:00 664 39 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi: Kartu ATM Bank. (Diolah kompasiana dari sumber: KOMPAS/HANDINING)

Selama menabung di bank, apakah Kompasianer pernah menghitung bunga yang didapat? Atau, justru dulu memilih buka rekening di bank karena tawaran bunga per tahun yang cukup besar?

Setelah melalui proses panjang, akhirnya beberapa bank di Indonesia menetapkan suku bunga tabungan bisa mencapai 0 persen per tahun. Ketetapan ini bersifat opsional dan sepenuhnya diserahkan kepada kebijakan tiap bank.

Dengan biaya administrasi setiap bulan, berarti menabung di bank belum tentu ada bunga yang bisa dinikmati. Bahkan kita tetap perlu membayar iuran bulanan.

Kompasianer, apakah kebebasan menetapkan bunga hingga 0 persen ini akan menyurutkan minat masyarakat menabung di bank?

Mengutip dari KOMPAS.COM, sebenarnya minat masyarakat untuk menabung di bank masih tinggi. Akan tetapi, telah terjadi pergeseran fungsi.

Jika dulu masyarakat menabung di bank karena mendapatkan keuntungan dari bunga bank, kini lebih memanfaatkan tabungan bank untuk dapat melakukan transaksi. Atau untuk melindungi uang dari ancaman rayap misalnya, seperti insiden yang terjadi pada warga Solo.

Kompasianer, bagaimana pendapatmu atas persoalan ini? Kalau kamu, apa tujuanmu menabung di bank? Bank mana yang menurutmu masih memberikan bunga tabungan yang bagimu masih proporsional? Ataukah kamu lebih memilih instrumen keuangan lain untuk menabung? Agar bisa mempertahankan nasabah, bagaimana pihak bank mesti terus berinovasi?

Silakan tulis opini maupun saran Kompasianer terkait topik berikut dengan manembahkan label Bunga 0 Persen (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan