Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Artikel Utama

Kurangi Membuang-buang Makanan, Yuk!

5 Desember 2020   18:11 Diperbarui: 6 Desember 2020   06:14 357 22 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kurangi Membuang-buang Makanan, Yuk!
Ilustrasi limbah makanan. (Diolah kompasiana daro sumber Shutterstock/ joerngebhardt68 via kompas.com)

Kira-kira karena apa yang membuat makanan itu disisakan, lalu dibuang?

Maka tidak heran dan amat bersedih ketika melihat isi tempat sampah di rumah: buah, sayur, ikan, daging, bumbu, juga makanan kemarin, semua bertumpuk jadi satu.

Membuang-buang makanan ternyata bukan lagi sekadar tidak menghargai makanan, namun masalah sampah makanan sangat serius dan kronis. Hal itu juga bisa memberi kontribusi pada krisis lingkungan, khususnya pada perubahan iklim.

Pemborosan makanan kerap kali dianggap angin lalu walau kesadaran mengenai masalah sampah makanan konsumen meningkat. Inilah yang menjadi halangan yang signifikan untuk mencapai sistem makanan yang berkelanjutan.

Kami ingin tahu, masakan atau makanan apa yang jadi andalan kala di rumah sehingga selalu habis --tidak tersisa? Adakah cara Kompasianer dalam meyiasati sisa makanan?

Oia, katanya orang Indonesia terkenal kreatif dalam mengolah makanan, kan? Pernah membuat makanan dari "sisa" bahan masakan?

Yuk ceritakan atau rekomendasi makanan ala Kompasianer dengan menambahkan label Sampah Sisa Makanan (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x