Mohon tunggu...
Kompasiana
Kompasiana Mohon Tunggu... Akun Resmi

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Artikel Utama

Setahun Jokowi-Ma'ruf, Apa Harapan Kompasianer ke Depan?

20 Oktober 2020   22:52 Diperbarui: 21 Oktober 2020   00:08 843 13 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Setahun Jokowi-Ma'ruf, Apa Harapan Kompasianer ke Depan?
Joko Widodo dan Maruf Amin usai mengucap sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019). (Ilustrasi diolah kompasiana dari foto KOMPAS.com/DINO OKTAVIANO)

Pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin telah berjalan selama satu tahun, terhitung sejak keduanya dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Tantangan pemerintahan ini sudah muncul pada bulan kelima, tapatnya 2 Maret 2020 ketika kasus pertama covid-19 dikonfirmasi ada di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, isu reshuffle kabinet muncul ketika Presiden Jokowi mengkritik para pembantunya yang dinilai tak memiliki sense of crisis dan bekerja ala kadarnya.

Terkait pandemi covid-19 ini, ternyata berdampak langsung pada kondisi ekonomi nasional terus mengalami kontraksi dan terancam resesi.

Dan isu terbesar yanag mendekati satu tahun pemerintahan yakni pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja Omnibus Law. Aksi demonstrasi besar-besar dari lapisan masyarakat untuk menolak Undang-Undang Sapu Jagat tersebut.

Dalam perjalanan kepemimpinan Jokowi-Ma'ruf pada tahun pertama ini, kesan apa yang Kompasianer dapatkan? Apa saja harapan maupun masukan yang ingin disampaikan pada Jokowi-Ma'ruf?

Silakan tulis opini/pendapatnya terkait topik berikut dengan menambahkan label Setahun Jokowi Maruf (menggunakan spasi) pada tiap konten yang dibuat.

VIDEO PILIHAN