Kompasiana
Kompasiana Official

Akun resmi untuk informasi, pengumuman, dan segala hal terkait Kompasiana. Email: kompasiana@kompasiana.com

Selanjutnya

Tutup

Media Artikel Utama

Pagination, Untuk Pengalaman Membaca yang Lebih Optimal

6 Juli 2018   21:16 Diperbarui: 21 Juli 2018   03:59 7744 32 18
Pagination, Untuk Pengalaman Membaca yang Lebih Optimal
Pagination, Untuk Pengalaman Membaca yang Lebih Optimal

Melalui analytics tools terhadap situs web yang kami gunakan, ditemukan hasil analisis tentang karakter pembaca di Kompasiana dan media online secara umum.

Temuan tersebut mengungkap tentang sedikitnya pembaca online yang melakukan scrolling sampai akhir konten pada satu laman baca. Dengan kata lain, banyak pembaca yang tidak menuntaskan aktivitas membacanya hingga selesai.

Banyak indikator yang menyebabkan hal tersebut. Salah satunya adalah artikel atau konten yang disajikan tidak sesuai ekspektasi pembaca atau kemasan konten tidak semenarik judulnya.

Indikator lainnya ada pada karakter pembaca online yang cepat lelah jika membaca kemasan konten yang terlalu panjang sehingga tidak fokus. Apalagi disajikan dengan tidak rapi dan proporsional.

Kedua indikator itu telah menjadi perhatian tim produk dan teknologi kami. Apa yang kami temukan di atas menjadi salah satu alasan kenapa kami membuat pengumuman ini.

Ya, kami ingin mengenalkan pagination atau fitur indeks halaman baca di Kompasiana.

Fitur yang sebenarnya lumrah terdapat produk media online ini kami terapkan dengan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah fitur tersebut baru muncul ketika satu konten atau artikel memuat lebih dari 20 paragraf (tidak termasuk video/gambar).

Ketentuan tersebut kami tetapkan demi kenyamanan pembaca. Kami menyadari banyak pembaca online yang mengeluh saat membaca konten di portal berita yang menerapkan pagination dengan ketentuan panjang konten yang sangat minim (pendek).

Selain itu, kami memberikan pilihan bagi Anda untuk tetap dapat membaca konten dalam satu laman dengan tombol "Lihat Semua".

Dirilisnya fitur ini juga dapat dijadikan peluang bagi Kompasianer yang mengikuti loyalty program Kompasiana, seperti Kompasiana Content Affiliation dan K-Rewards yang menggunakan parameter penilaian dari perolehan pageviews dan unique visitor.

Di samping itu, pagination juga menantang Anda untuk membuat konten yang menarik dan bermanfaat agar pembaca tetap membaca konten yang Anda buat hingga tuntas, apalagi sampai memberikan rating dan komentar.

Dan, jangan lupa! Kami juga menyediakan fitur "favorit" yang bisa dimanfaatkan ketika Anda tidak punya banyak waktu untuk membaca secara komprehensif.

Khusus untuk puisi, kami berikan tips halaman dengan tutorial berikut: [Tutorial] Membentuk Larik-larik Puisi