Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Konsultan - Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Masakan Kanton, Hokkien, Hakka, dan Teochew

20 September 2021   06:13 Diperbarui: 20 September 2021   06:17 266 23 11
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Masakan Kanton, Hokkien, Hakka, dan Teochew
travel.kompas.com

Kelihatannya mirip, tapi sebenarnya orang Tionghoa di Indonesia juga terdiri dari beberapa suku yang berbeda. Anda baru menyadari ketika melihat adat istiadat yang berbeda menjelang hari besar.

Jika keluarga Tionghoa tersebut masih mempertahankan bahasa ibu mereka, dialek yang mereka gunakan juga berbeda.

Secara umum, hanya ada 5 suku Tionghoa terbanyak yang menyebar di seluruh Indonesia. Mereka adalah suku Hokkien, Kanton, Hakka, Teochew, dan Hainan. Kendati dalam kenyataan, suku di Tiongkok bisa mencapai ratusan jumlahnya.

Generasi milenial mungkin sudah tidak bisa merasakan perbedaanya. Apalagi dengan pembauran yang terjadi, baik di antara sesama suku Tionghoa, maupun secara kros-kultural dengan suku lainnya di Indonesia.

Namun, ada yang menarik. Mungkin saja Anda tidak peduli lagi dengan perbedaan dialek atau adat istiadat. Tapi, jangan pernah melupakan perbedaan kuliner dari masing-masing suku yang berbeda ini.

Masakan Kanton

Provinisi Guandong tidak saja terkenal dengan para pesilat tangguh, tapi juga kokinya yang hebat-hebat. Jika Anda suka dengan makanan Hong Kong, maka itulah makanan Kanton yang otentik.

Ciri khas dari masakan ini adalah berani menggunakan jenis daging yang beragam. Bahkan di kota Guangzhou sendiri, aneka jenis satwa liar yang siap dimasak bisa Anda temui di sana.

Metode memasaknya juga lebih cepat, sesuai dengan karakter orang Kanton yang agresif. Teknik deep frying (menggoreng), double boiling (merebus cepat), dan stir frying (tumis cepat) adalah pilihan.

aneka panggangan kanton (pngegg.com)
aneka panggangan kanton (pngegg.com)

Metode memasak ala Kanton juga lebih berani menggunakan bumbu dan saus dalam pengolahan. Tidak heran jika masakan Kanton sangat kaya rasa dan berani. Asam, manis, pahit, asin, pedas, dan segar tercampur menjadi satu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan