Mohon tunggu...
Rudy Gunawan
Rudy Gunawan Mohon Tunggu... Numerolog

Pemegang Rekor MURI sebagai NUMEROLOG PERTAMA di INDONESIA. Member of IPSA (Indonesian Professional Speakers Association). Enterpreneur, Speaker, Author, Numerologist.

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan Pilihan

"Kutukan Wapres JK" Terhadap Mantan Bosnya, Benarkah Ada?

30 Agustus 2020   19:27 Diperbarui: 30 Agustus 2020   19:37 5864 31 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Kutukan Wapres JK" Terhadap Mantan Bosnya, Benarkah Ada?
Jusuf Kalla (sumber: kompas.tv)

Dalam sejarah pemerintahan Indonesia, hanya Jusuf Kalla (JKyang pernah mencatar rekor sebagai wakil presiden untuk dua presiden yang berbeda.

Sebagai wapres SBY periode 2004-2009, JK disebutkan memiliki tugas dan tanggung jawab menangani masalah ekonomi dan kesejahteraan rakyat, sementara perannya di era Jokowi (2014-2019), tidak terlalu spesifik.

Kepada sumber, JK mengatakan bahwa tugas sebagai seorang wapres, adalah menunggu perintah dari presiden, namun juga harus memiliki inisiatif untuk menyelesaikan persoalan mendesak.

Namun, ia mengakui adanya dua model kepemimpinan yang berbeda di antara SBY dan Jokowi. Menurutnya, SBY lebih patuh pada kesepakatan atau persetujuan bersama, sementara dengan Jokowi, sifatnya lebih fleksibel.

Kehadiran JK sebagai wapres pada dua era yang berbeda ini telah menorehkan sebuah prestasi tertinggi di negeri ini, yang hingga kini, belum ada yang menandingi. 

Mari kita berandai-andai dan mulai memuat rumus cocokologi, terhadap posisi wapres JK pada dua era berbeda ini.

Pertama, sama sama menjadi wapres bagi dua presiden yang menjalani dua periode masa pemerintahan sejak era reformasi. Setujuuu...

Kedua, sama sama menjadi wapres pada periode pertama dari dua presiden ini. Setujuuu...

Ketiga, sama sama digantikan oleh wapres yang bukan dari partai politik. Setujuuu...

Keempat, sama sama digantikan oleh wapres yang lebih pasif peranannya, dibandingkan dengan JK. Hmmm... Masih Setujuuu...

Kelima, sama sama meninggalkan masa emas bagi pemerintahan, sehingga periode kedua dari dua presiden ini terkesan tidak lagi seindah harapan publik. Hmmm... Tidak setuju... Karena ini hanyalah opini penulis.

Oke tidak apa-apa, karena penulis juga tidak ingin melakukan provokasi singkat, seperti pada gaya artikel Prat Prit Prut yang selalu cokol pada kolom Terpopuler di Kompasiana.

Untuk itu, mari kita mengenang sejarah yang belum terlalu lama terlewatkan ini.

Periode Pertama Pemerintahan Presiden SBY. (2004-2009).

Masa Kepresidenan SBY periode pertama ditandai dengan banyaknya bencana alam, hingga beberapa orang memberikannya julukan 'Presiden Bencana Alam'.

Dimulai dari tsunami Aceh pada tahun 2004 yang menewaskan lebih dari 200 ribu orang, gempa bumi Bantul, semburan lumpur lapindo, banjir besar Jakarta, kasus kebakaran hutan, hingga letusan Gunung Merapi (2010).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x