Mohon tunggu...
Toto Priyono
Toto Priyono Mohon Tunggu... Kompasianer

Peminat Sosio-Humaniora, Sastra, Filsafat, dan Politik

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Pabrik Semen Satu-satunya di Cilacap Meledak

11 Oktober 2020   23:43 Diperbarui: 12 Oktober 2020   00:02 537 9 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pabrik Semen Satu-satunya di Cilacap Meledak
ilustasi:blue.kumparan.com

Satu-satunya pabrik semen yang berlokasi di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah milik PT. Solusi Semen Indonesia meledak Sabtu (10/10) siang pukul 12:40.

Ledakan terjadi di unit pembakaran bahan baku semen menjadi klinker atau terak. Sedangkan unit laininya seperti penggilingan, pengantongan, serta pengiriman semen masih berjalan normal.

Corporate Communiccation PT Solusi Bangun Indonesia membenarkan insiden tersebut. Menurutnya tidak ada kecelakaan kerja dan saat ini gangguan tersebut masih dalam penanganan.

Pihak PT Solusi Bangun Indonesia juga meminta maaf  atas kejadian tersebut menganggu kenyamanan warga sekitar.

Meski demikian Corporate Communiccation PT Solusi Bangun Indonesia belum mengetahui penyebab terjadinya ledakan di unit pembakaran tersebut.

Pihaknya akan terus melakukan ivestigasi dan akan melakukan evalusi secara menyeluruh agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Dengan ledakan itu perusahaan mengalami kerugian material, namun pihak Corporate Communiccation PT Solusi Bangun Indonesia belum tahu secara pasti nominal kerugiannya.

Pasca ledakan yang terjadi, oprasional unit pembakaran akan akan diberhentikan sementara selama 3-4 hari kedepan guna melakukan perbaikan.

Perlu diketahui pabrik semen PT. Solusi Bangun Indonesia merupakan pabrik semen satu-satunya yang berada di Kabupaten Cilacap.

Sebelumnya adalah milik PT Holcim Indonesia yang diakuisisi 80,6 persen saham Lafarge oleh PT Semen Indonesia. Maka dari itu produk semennya berganti nama menjadi Semen Dynamix.

VIDEO PILIHAN