Mohon tunggu...
Widiyatmoko
Widiyatmoko Mohon Tunggu... Wiraswasta - Aviation and Aerospace

Man seems, spirit is Spirit is what man can be

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Mengembalikan Definisi Homestay

18 Agustus 2022   23:14 Diperbarui: 19 Agustus 2022   10:18 119 13 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi Homestay di Vietnam (Milanecek/pixabay.com)

Pada sebuah perhelatan besar yang lalu, ada satu hal yang menarik perhatian penulis yaitu pada penyediaan homestay dimana penerapan homestay tersebut agak berbeda dengan apa yang selama ini penulis alami dan ketahui.

Untuk itu penulis mulai membuka buku kamus dan  surfing internet untuk mencari definisi dan pemahaman tentang homestay.

Definisi homestay memang sepertinya agak keluar dari definisi asli dan manfaatnya dimana homestay sebenarnya rumah yang dihuni oleh pemiliknya dan digunakan sebagai akomodasi untuk mendapatkan nilai ekonomi atau lainnya.

Sedangkan manfaatnya bagi tamu yang menginap adalah berupa kesempatan untuk lebih dekat lagi dengan kehidupan masyrakat sekitar dan bila tamu dan pemilik rumah (host) memiliki hobi yang sama, hal ini justru membuat kesempatan tersebut semakin luas efeknya pada kedua belah pihak.

Sehingga homestay bukanlah bangunan terpisah dari tempat tinggal sang pemilik,  jika itu terpisah maka sebenarnya kita membangun penginapan dihalaman rumah kita.

Homeatay juga tidak mengacu pada jenis ataupun kelas akomodasi seperti pada pondok, motel, villa dan hotel karena adanya konsep sharing antara penghuni dan tamu dimana pemilik rumah membagi kehidupan sehari harinya dengan tamu dan sebaliknya.

Kita sebagai host juga tidak selamanya harus melengkapi dengan perlengkapan seperti pendingin ruangan kecuali sang tamu memohonnya karena akan tinggal agak lama, akan lebih baik jika homestay dengan kondisi apa adanya (as is) dengan begitu tamu akan merasakan keadaan atau kehidupan sehari hari sang penghuni dan bahkan akan merasa sebagai bagian dari penghuni.

Homestay tidak selamanya juga menggunakan mata uang sebagai nilai sharing nya, bisa berupa pertukaran sejenis yaitu kita sebagai host akan menginap di tempat tinggal tamu yang saat ini menginap di tempat tinggal kita, bisa juga berupa pertukaran dengan pekerjaan dan pelatihan.

Secara sederhana saja bisa kita mengartikan homestay dengan memisahkan dua kata pada kata tersebut yaitu home dan stay, dimana home disini bukan rumah bangunan (house) tetapi tempat tinggal sedangkan stay adalah menginap sementara.

Namun bila kita kurang yakin, kita bisa melihat definisi di kamus seperti dictionary.com yang mendefiniskan homestay sebagai berikut 'housing accommodations in a home with a family in residence, as for a student or traveler:'

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan