Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Transaksi Apa Saja yang Perlu Dibuatkan Jurnal Pembalik?

14 Mei 2014   17:50 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:31 0 0 1 Mohon Tunggu...

Kemaren kita telah membahas mengenai jurnal pembalik. Bagi Anda yang belum membaca bisa dilihat disini. Setelah mengetahui apa itu jurnal pembalik, sekali lagi kami ingatkan bahwa jurnal pembalik ini sifatnya optional. Boleh tidak dibuat, namun jika dibuat akan memberikan manfaat. Khususnya jika lalu lintas transaksi diperusahaan Anda cukup ramai.

Nah, jika Anda memutuskan jurnal pembalik ini perlu dibuat, maka sekarang kita akan membahas ayat jurnal apa saja yang perlu dibuatkan jurnal pembalik? Ada 4 item yang perlu dibuatkan ayat jurnal pembalik, yaitu:

a.Ayat jurnal penyesuaian atas beban yang masih harus dibayar/beban akrual/ utang akrual, seperti beban upah yang masih harus dibayar (utang upah) dan beban bunga yang masih harus dibayar (utang bunga).

b.Ayat jurnal penyesuaian atas pendapatan yang masih harus diterima/pendapatan akrual/piutang akrual, seperti pendapatan bunga yang masih harus diterima (piutang bunga).

c.Ayat jurnal penyesuaian atas biaya dibayar di muka yang mula-mula dicatat langsung sebagai beban bukan sebagai aktiva/prepaid, seperti biaya sewa dibayar di muka (prepaid rent) yang mula-mula dicatat sebagai beban sewa (rent expense), biaya iklan dibayar di muka (prepaid advertising) yang mula-mula dicatat sebagai beban iklan (advertising expense), dan biaya asuransi dibayar di muka (prepaid insurance) yang mula-mula dicatat sebagai beban asuransi (insurance expense).

d.Ayat jurnal penyesuaian atas pendapatan diterima di muka yang mula-mula dicatat langsung sebagai pendapatan bukan sebagai utang, seperti pendapatan sewa diterima di muka (unearned rent revenue) yang mula-mula dicatat sebagai pendapatan sewa (rent revenue), dan lain-lain.

Itulah keempat item transaksi yang perlu dibuatkan jurnal pembalik. Semoga tulisan ini bisa membantu Anda dalam menerapkan jurnal pembalik itu sendiri. Dan jika Anda memiliki kendala terkait Akuntansi, keuangan dan bisnis, jangan sungkan untuk menghubungi Klinik Akuntansi.

VIDEO PILIHAN