Mohon tunggu...
Klinik Akuntansi
Klinik Akuntansi Mohon Tunggu...

www.klinikakuntansi.com\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\n\r\nIntegrated Accounting System Consultant\r\nFor Growth and Expand Your Business\r\n\r\nSebagai perusahaan konsultan akuntansi dan bisnis terpercaya Klinik Akuntansi - Pelayan UKM Spesialis Sistem Akuntansi Moderen - sangat responsif terhadap perkembangan dunia usaha kecil-menengah di Indonesia khususnya di Riau-Kepulauan Riau yang saat ini telah menjadi salah satu kota industry terbesar di Indonesia. Dengan niat tulus untuk menjadi salah satu pilar penopang perekonomian umat, Kami berperan aktif dalam memajukan masyarakat dan membantu membangun manajemen akuntansi perusahaan-perusahaan secara jujur, tersistem dan terarah. Sekarang kami hadir di Kompasiana untuk mempermudah Anda memperoleh informasi apapun mengenai implementasi sistem manajemen akuntansi.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Peranan Akuntansi Bagi Manajemen

23 Mei 2014   17:46 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:12 0 0 1 Mohon Tunggu...

Akuntansi memiliki banyak sekali peran, tergantung pada siapa pengguna data yang dihasilkan oleh sistem akuntansi tersebut. Dalam pembahasan terakhir kita telah membahas manfaatnya bagi pemilik dan calon pemilik usaha. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas peranan akuntansi bagi manajemen. Manajemen memiliki tanggung jawab atas kelangsungan hidup perusahaan. dalam menjamin kelangsungan hidup perusahaan itu maka pihak manajemen tentu harus memiliki media yang berfungsi sebagai pemcaan terhadap kondisi perusahaan. dengan demikian maka pihak manajemen akan mudah menentukan opsi-opsi yang perlu dilakukan guna keberlansungan perusahaan.

Adapun jenis informasi akuntansi yang diperlukan oleh pihak manajemen adalah catatan-catatan finansial masa lalu dan sekarang, hasil operasi perusahaan, serta perencanaan di masa yang akan datang. Karena itu, bagi pihak manajemen akuntansi memiliki peranan yang penting dalam hal:

- Melindungi Harta Perusahaan

Laporan yang dihasilkan oleh sistem akuntansi tentunya mencakup segala hal terkait aktiva (harta) perusahaan. termasuk penyusutan, penambahan maupun pengurangan harta perusahaan. Baik yang berbentuk inventaris, harta berwujud seperti halnya alat transport dan gedung perusahaan, maupun harta tak berwujud seperti merk dagang. Apakah harta tak berwujud seperti merk itu juga bisa berkurang? Tentu saja, misalnya ketika ada pihak lain yang menggunakan merk dagang perusahaan secara ilegal. Jika hal itu terjadi maka perusahaan dirugikan karena tidak menerima franchise dari penggunaan merk tersebut.

- Penyusunan Rencana Kegiatan Perusahaan Dimasa yang Akan Datang

Adanya laporan keuangan yang dihasilkan melalui proses akuntansi akan bisa dijadikan patokan terhadap rencana kegiatan perusahaan dimasa yang akan datang. Laporan terakhir sewaktu tutup buku bisa juga difungsikan sebagai acuan dalam menetapkan perencanaan kegiatan perusahaan. Hal itu karena laporan tersebut adalah cerminan dari apa yang dilakukan perusahaan dan hasil dari apa yang dilakukan itu. Evaluasi laporan tersebut akan membantu manajemen memperbaiki strategi dan perencanaan untuk masa yang akan datang.

- Pengukuran Penghasilan Perusahaan Dalam Kurun Waktu Tertentu

Laporan keuangan tentunya menjadi tolak ukur dari perolehan penghasilan perusahaan dari waktu ke waktu. Hal itu memungkinkan untuk mendapatkanperbandingan pengasilan itu sendiri. Apakah bertambah, tetap atau berkurang. Pengukuran yang dilakukan akan memudahkan manajemen dalam menjaga income perusahaan.

- Pengawasan Kegiatan Perusahaan

Laporan keuangan yang bisa diakses setiap saat dan berubah per transaksi seperti halnya Zahir Accounting tentunya akan memudahkan pihak manajemen dalam melakukan pengawasan terhadap kegiatan perusahaan. Hal itu dimungkinkan karena lporan tersebut akan menyampaikan bagian perusahaan yang aktivitasnya mengendor dalam artian menurun dibanding kondisi wajarnya. Yang bisa jadi disebabkan oleh kendala-kendala tertentu. Hal itu tentu sangat membantu dalam memperbaiki dan menormalkan kembali aktivitas tersebut.

Demikian peranan akuntansi bagi manajemen. Semoga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai peran dan manfaat Akuntansi.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x