Mohon tunggu...
Ivan Nugraha Al Huda
Ivan Nugraha Al Huda Mohon Tunggu... Mahasiswa - ini merupakan portal untuk menerbit kan artikel berita untuk pelaksanaan KKN Tematik UPI 2021

Bismilah KKN Lancar

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Tematik UPI 2021: Membantu PPDB SD Negeri Saripin Saat Pandemi

24 Juli 2021   08:57 Diperbarui: 24 Juli 2021   08:59 80 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
KKN Tematik UPI 2021: Membantu PPDB SD Negeri Saripin Saat Pandemi
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2021/2022 sudah dilaksanakan. PPDB online ini dilaksanakan  di beberapa daerah di Indonesia. Sebelumnya, PPDB online sudah pernah dilaksanakan, yakni pertama kali pada tahun 2020, namun pada tahun ini ada beberapa hal yang berubah seperti persyaratan umur.

Pandemi virus corona masih berlangsung di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Oleh karena itu, banyak hal yang berubah, termasuk cara mendaftar sekolah, baik untuk PAUD sampai SMA. Untuk itu pemerintah mengadakan PPDB online.

PPDB atau Penerimaan Peserta Didik Baru online adalah metode pendaftaran sekolah melalui daring dari tingkat PAUD, TK, SD, SMP, sampai SMA. Peraturan PPDB sudah diterbitkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018.

Ada beberapa rangkaian proses dari PPDB online, yaitu:

  • Pengajuan akun di web resmi PPDB daerah masing-masing
  • Aktivasi token
  • Pemilihan sekolah
  • Proses seleksi
  • Pengumuman
  • Lapor diri calon peserta didik baru (CPBD) yang lolos seleksi.

Berbeda dengan PPDB offline yang biasanya orang tua calon siswa mendatangi sekolah untuk mendaftarkan anak mereka.

  

Bertepatan pada tanggal 1 - 30 Juli 2021 Kuliah Kerja Nyata  (KKN) Tematik Universias Pendidikan Indonesia dilaksanakan, meski dalam suasana pandemi namun mahasiswa masih semangat dalam membantu masyarakat dengan berbagai programnya masing masing dengan fokus membangun desa melalui bidang pendidikan dan ekonomi dalam implementasi MBKM pada masa pandemi.

Salah satu mahasiswa yang melaksanakan KKN di Desa Sukanagara, Kecamatan Purbaratu ,Kota Tasikmalaya menyatakan bahwa sangat antusias dalam membantu desa dalam bidang pendidikan seperti membantu salah satu sekolah di desa tersebut dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Tercatat sebanyak 37 siswa baru untuk tahun ajaran 2021-2022 yang mendaftarkan diri di SD Negeri Saripin untuk tahun ajaran baru, disini terlihat meski dalam keadaan pandemi pendidikan merupakan hal yang sangat penting oleh karena itu tidak menyurutkan orang tua dalam menyekolahkan anak mereka.

Pelaksaan PPDB di SD Negeri Saripin ini berjalan dengan lancar dengan 37 siswa baru yang akan mulai belajar pada tanggal 19 Juli 2021 dan 37 siswa ini akan menjadi 2 rombel yang masing masing akan di bimbing oleh 1 guru atau wali kelas

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN