Mohon tunggu...
KKN UM Desa Senggreng 2022
KKN UM Desa Senggreng 2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

KKN Semester Antara Th. 2021/2022 Universitas Negeri Malang Desa Senggreng, Kec. Sumber Pucung, Kab. Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UM Buka Jendela Baru bagi Pendidik melalui Media Pembelajaran Edmodo

24 Juni 2022   20:09 Diperbarui: 25 Juni 2022   05:42 107 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto bersama dengan peserta penyuluhan dan panitia di SD Negeri 4 Senggreng, 23 Juni 2022. (Dokumen pribadi)

Pasca pandemi Covid-19, para guru dan murid sekolah mulai beradaptasi dengan suasana baru dalam kegiatan belajar mengajar. Selama dua tahun pembelajaran jarak jauh, murid mulai bisa melaksanakan kegiatan belajar di sekolah dengan pembatasan pertemuan tatap muka. Untuk mengembalikan kebiasaan belajar di sekolah, perlu adanya inovasi dari guru agar bisa memberikan lingkungan belajar yang menyenangkan.

Maka dari itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Antara tahun 2021/2022 Universitas Negeri Malang mengadakan kegiatan berupa "Penyuluhan Penggunaan Media Pembelajaran Online Berbasis Edmodoyang dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Juni 2022 di SD Negeri 4 Senggreng, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang. 

Pelaksanaan kegiatan ini ditujukan untuk para tenaga pengajar khususnya guru sekolah dasar dalam melaksanakan pembelajaran yang efektif selama pasca pandemi dengan menggunakan aplikasi Edmodo.  Kegiatan penyuluhan ini dilakukan secara tatap muka di SD Negeri 4 Senggreng yang diikuti oleh 9 guru. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membantu para pendidik SD Negeri 4 Senggreng dalam mengembangkan kreativitas dalam melaksanakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan.

Aplikasi Edmodo adalah media pembelajaran  yang menciptakan sebuah titik pertemuan online untuk para guru dan siswa, di mana keduanya dapat berhubungan dan berkolaborasi. Tanpa memperhatikan waktu atau tempat, tujuan dari aplikasi ini adalah menyediakan hubungan permanen dan aman antara mereka yang mengajar dan mereka yang belajar. Aplikasi tersebut bisa diunduh di Play Store, App Store, dan tersedia juga secara online di website

Dalam kesempatan ini, tenaga pengajar juga diberi kesempatan untuk berdiskusi mengenai kesulitan dalam mengajar pada masa pandemi. Dari wali murid yang kurang paham dalam menggunakan google classroom, kesulitan sinyal, keterlambatan dalam mengumpulkan tugas, dan sebagainya.

Sesi diskusi pada penyuluhan, 23 Juni 2022. (Dokumen pribadi)
Sesi diskusi pada penyuluhan, 23 Juni 2022. (Dokumen pribadi)

Setelah pemberian materi mengenai Learning Management System berbasis Edmodo, peserta penyuluhan yang merupakan guru-guru dari SD Negeri 4 Senggreng memiliki pengetahuan lebih dalam mengenai aplikasi Edmodo. Selama ini, kegiatan pembelajaran secara daring dilakukan dengan bantuan platform google classroom dan pengambilan tugas ke sekolah. 

"Teknologi secanggih apapun tidak bisa menggantikan peran guru dalam proses pembelajaran, karena guru tak hanya menyampaikan pengetahuan, melainkan juga menanamkan nilai-nilai karakter" ujar Isa Ansori, pemateri penyuluhan dan juga sebagai mahasiswa program studi S1 Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang.

Penulis: Risya Aulia dan Rifkah Rofidah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan