Mohon tunggu...
kknumdukuh2021
kknumdukuh2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UM DUKUH 2021

KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang Desa Dukuh Kecamatan Gondang Kabupaten Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hadiah Kecil dari KKN UM Desa Dukuh 2021 untuk Desa Dukuh

25 Juli 2021   00:03 Diperbarui: 25 Juli 2021   01:03 146 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hadiah Kecil dari KKN UM Desa Dukuh 2021 untuk Desa Dukuh
Foto bersama mahasiswa KKN di taman baca

Dukuh, Gondang, Tulungagung - Salah satu program kerja KKN UM Dukuh 2021 adalah pengadaan taman baca. Tujuan program kerja ini adalah untuk meningkatkan minat literasi sejak dini, terutama untuk siswa-siswi Taman Kanak-Kanak Dharma Wanita dan Paud Harapan Bangsa Desa Dukuh. Selain itu di TK dan PAUD Desa Dukuh ini juga belum terdapat taman baca.

Pelaksanaan pengadaan taman baca ini terdiri dari 2 kegiatan, yaitu persiapan dan pembukaan taman baca. Persiapan pengadaan taman baca ini diawali dengan koordinasi penanggungjawab program kerja dengan guru TK dan PAUD yang dilaksanakan pada saat pembukaan KKN UM Dukuh 2021. Koordinasi ini membahas tentang dimana tempat untuk mengadakan taman baca dan tanggal untuk pembukaan taman baca. Sesuai hasil koordinasi, pengadaan taman baca bertempat di PAUD Harapan Bangsa dan untuk pembukaan taman baca dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021.

Tim KKN UM  juga mengadakan open donasi buku yang dilakukan dengan cara masing-masing anggota KKN membagikan pamflet donasi buku di sosial media masing-masing sesuai jadwal hari yang sudah dibuat oleh penanggung jawab. Setiap anggota juga diwajibkan membawa minimal 2 buku sesuai kategori yang ditentukan. Persiapan untuk pengadaan taman baca ini berlangsung selama 5 hari. Seluruh anggota KKN sangat antusias dalam menyiapkan taman baca ini, mulai dari membuat rak buku hingga melukis dan menghias tempat untuk taman baca.

Proses menghias taman baca oleh mahasiswa KKN
Proses menghias taman baca oleh mahasiswa KKN

Pembukaan taman baca dilaksanakan pada tanggal 22 Juli 2021. Pembukaan ini dihadiri oleh 22 siswa-siswi TK dan PAUD serta 3 guru yang membantu jalannya kegiatan. Kegiatan ini diawali dengan lomba mewarnai TK dan PAUD yang dimulai pukul 09.00. Setelah lomba mewarnai selesai dilaksanakan, untuk menunggu pengumuman pemenang, siswa-siswa TK dan PAUD diarahkan ke taman baca untuk melaksanakan pembukaan. Jalannya acara pembukaan ini dipandu dan dibuka oleh MC dari anggota KKN yaitu Rori Amelya Rumpaka dan Sandi Nur Rofid. Kemudian dilanjut dengan sambutan oleh penanggung jawab program kerja taman baca yaitu Aristawidya Shinta Ramadhani. Dalam isi sambutan, disisipkan pesan tentang pentingnya membaca yang diambil dari salah satu cerita kartun yang terkenal di kalangan anak-anak. Acara selanjutnya, dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai simbol pembukaan taman baca oleh Ibu Amik selaku Kepala PAUD dan Eky Dwi Rahmawati selaku penanggung jawab program kerja. Setelah serangkaian acara selesai, siswa-siswa TK dan PAUD dipersilahkan untuk mencoba taman baca yang sudah di buka. Mereka sangat antusias dan menikmati segala hal yang ada di taman baca.

Pemotongan pita sebagai simbol pembukaan taman baca oleh Kepala PAUD dan penanggung jawab program kerja
Pemotongan pita sebagai simbol pembukaan taman baca oleh Kepala PAUD dan penanggung jawab program kerja

Acara kurang lebih berlangsung kurang lebih selama 1 jam dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dari awal hingga akhir acara. Pengadaan taman baca ini diharapkan dapat menjadi sarana dan prasarana yang bermanfaat untuk meningkatkan minat literasi siswa-siswi TK Dharma Wanita dan PAUD Harapan Bangsa Desa Dukuh.

Foto bersama siswa-siswi PAUD dan Taman Kanak-Kanak, guru, serta mahasiswa KKN
Foto bersama siswa-siswi PAUD dan Taman Kanak-Kanak, guru, serta mahasiswa KKN

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN