Mohon tunggu...
KKN UM Desa Talok 2022
KKN UM Desa Talok 2022 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa/Universitas Negeri Malang

Pengabdian Masyarakat, Membangun Desa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM Berkolaborasi dengan Rumah Belajar Desa Talok Kenalkan Baca Tulis melalui Bimbel

1 Oktober 2022   15:48 Diperbarui: 19 Oktober 2022   20:37 255 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kegiatan Pengenalan Baca dan Tulis oleh Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM bersama Bu Rum/dokpri

Selasa, 06 September 2022 -Mayoritas sekolah di Indonesia mewajibkan peserta didik kelas 1 SD harus bisa membaca dan menulis dengan lancar untuk menunjang kegiatan pembelajaran serta sebagai syarat kenaikan kelas. Hal ini menggerakkan Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM untuk turut serta dalam mengenalkan dan memantapkan kemampuan anak-anak desa agar bisa menulis dan membaca dengan lancar sebagai bentuk persiapan masuk Sekolah Dasar.

Mahasiswa UM berkolaborasi dengan Rumah Belajar Bu Rum untuk melaksanakan bimbingan belajar sebagai salah satu kontribusi pengabdian kepada masyarakat Desa Talok, Kecamatan Turen Kabupaten Malang dan mendapat dukungan oleh Kepala Desa Talok serta warga sekitar.

Kegiatan Pengenalan Baca dan Tulis oleh Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM bersama Bu Rum
Kegiatan Pengenalan Baca dan Tulis oleh Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM bersama Bu Rum

 Kegiatan bimbingan belajar pada rumah belajar ini dilaksanakan pada tanggal 6 - 28 September 2022 dengan jumlah 8 kali pertemuan yang dalam satu minggu terdapat 2 kali pertemuan yakni pada hari Selasa dan Rabu mulai Pukul 18.00 WIB - 19.00 WIB.

Kegiatan berfokus untuk mengenalkan huruf, angka, menulis dan membaca kepada anak-anak Desa Talok. Metode yang digunakan yaitu pengulangan huruf/angka dan kalimat. Penerapannya anak-anak menuliskan huruf A secara berulang hingga satu lembar buku kotak kecil/besar. Jika dirasa kemampuan anak sudah mumpuni maka akan dilanjutkan dengan huruf selanjutnya, apabila anak dirasa masih kesulitan dan belum menguasai maka terus dilakukan pengulangan hingga anak mampu dan hafal. Tahapan berikutnya saat anak-anak sudah menguasai, mereka diajarkan menuliskan kalimat sederhana menggunakan metode yang sama serta diajarkan membaca kalimat yang telah mereka tulis.

Adapun hasil yang dicapai yaitu anak-anak mampu menghafal huruf dan angka serta dapat membaca dan menulis dengan benar secara bertahap, hal ini dibuktikan dengan antusias mereka dalam mengikuti kegiatan bimbingan belajar dan kemampuan mereka yang mengalami peningkatan. 

Dengan adanya kegiatan bimbingan belajar baca tulis diharapkan anak-anak di Desa Talok memiliki semangat belajar agar dapat lebih lancar membaca dan menulis, yang tentunya akan mempermudah dalam mengikuti proses pembelajaran di jenjang selanjutnya yakni Sekolah Dasar (SD). Selain itu, dengan meningkatnya minat dan kemampuan anak dalam membaca dan menulis juga turut meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak di Desa Talok. Mengingat Gerakan literasi yang saat ini digalakkan di dunia Pendidikan.

Kegiatan Pengenalan Baca dan Tulis oleh Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM bersama Bu Rum/dokpri
Kegiatan Pengenalan Baca dan Tulis oleh Mahasiswa MBKM BKP Membangun Desa UM bersama Bu Rum/dokpri

Dosen Pembimbing Lapangan : Andi Basuki, S.Pd., M.Pd.

Penulis : Birgita Adella Juliyantoni

Editor : Annisa Jihan Mardika, Aninda Dita Cahyani

Fotografer : Vera Eka Rahmawati

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan