Mohon tunggu...
KKN Desa Clumprit
KKN Desa Clumprit Mohon Tunggu... Kuliah Kerja Nyata Semester Antara Universitas Negeri Malang

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Sementer Antara, Universitas Negeri Malang 20 - 8 Juli 2019 Desa Clumprit, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa KKN UM Desa Clumprit: Hidup bersama Sobat Sehat Tanpa NAPZA Melalui GPS

27 Juni 2019   11:09 Diperbarui: 27 Juni 2019   11:16 0 0 0 Mohon Tunggu...
Mahasiswa KKN UM Desa Clumprit: Hidup bersama Sobat Sehat Tanpa NAPZA Melalui GPS
Pemuda Desa, Perangkat Desa, Mahasiswa KKN UM Serta DPL (Dokpri)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang di Desa Clumprit Kec. Pagelaran Kabupaten Malang diisi dengan kegiatan pengabdian terhadap masyarakat. 

Dalam menyukseskan bentuk pengabdian tersebut mahasiswa memiliki beberapa program kerja yang harus dilaksanankan. Program kerja tersebut memiliki sasaran dan tujuan yang jelas yang harus direncanakan secara matang sehingga akan mendapatkan hasil yang sesuai, yang nantinya dapat diapresiasi oleh khalayak umum.   

Dewasa ini masalah penyalahgunaan obat-obatan terlarang golongan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif merupakan masalah yang dapat menimbulkan dampak negatif secara kompleks. Dampak negatif yang ditimbulkan bukan hanya merugikan diri, penyalahgunaan sendiri tapi juga keluarga dan masyarakat di lingkungan sekitar. 

Adanya peningkatan tindak kriminalitas baik pencurian, pemerkosaan dan perusakan merupakan dampak secara tidak langsung dari penyalahgunaan NAPZA (Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif). Kematian akibat kecelakaan yang disebabkan oleh kondisi "Teler" saat berlalu lintas juga merupakan poin yang harus dihitung sebagai dampak negatif dari penyalahgunaan NAPZA.

Sebagai insan bermasyarakat maka sudah seharusnya kita melakukan intervensi baik berupa pencegahan, penyembuhan dan rehabilitasi terhadap masalah penyalahgunaan NAPZA. 

Oleh karena itu Mahasiswa KKN UM di Desa Clumprit Kec. Pagelaran mengadakan kegiatan "Gerakan Pemuda Sehat (GPS) Sosialisasi Hidup Sehat Tanpa NAPZA" yang mana bertujuan untuk mengedukasi dan menumbuhkan kesadaran pemuda di Desa Clumprit Kec. Pagelaran tentang NAPZA. 

Adanya kegiatan ini diharapakan dapat meningkatkan pengetahuan tentang dampak buruk penyalahgunaan NAPZA, sekaligus dapat meningkatkan keterampilan dalam pencegahan penyalahgunaan NAPZA.

Kegiatan ini juga sebagai bentuk pengabdian mahasiswa kepada masyarakat di bidang sosial ekonomi khususnya untuk mengurangi tingkat penyalahgunaan NAPZA di kalangan pemuda. 

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 23 Juni 2019 ini bertemakan "Hidup Sehat Tanpa NAPZA" dan mengundang sekitar 62 pemuda dari 31 RT di desa Clumprit Kec. Pagelaran. 

Kegiatan ini bekerja sama dengan UKM GERMAN (Gerakan Mahasiswa Anti NAPZA) UM, sekaligus menjadi pemateri dalam kegiatan penyuluhan NAPZA yaitu ananda Miladiatul Azizah dan Peti Angelia Sherly yang bertempat di Aula SDN 1 Clumprit, serta di pandu oleh MC.

Penyerahan Vandel Oleh Bapak Robin (DPL) Kepada Pemateri (UKM GERMAN - DOKPRI)
Penyerahan Vandel Oleh Bapak Robin (DPL) Kepada Pemateri (UKM GERMAN - DOKPRI)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x