Mohon tunggu...
KKN Tawangsari
KKN Tawangsari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Publikasi KKN UM 2021

KKN UM 2021 di Desa Tawangsari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Pembuatan Papan Petunjuk Arah Wisata di Desa Tawangsari Pujon

21 Juli 2021   16:14 Diperbarui: 21 Juli 2021   16:14 129 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pembuatan Papan Petunjuk Arah Wisata di Desa Tawangsari Pujon
Dokumentasi pribadi

Pembuatan papan petunjuk arah yang baik dan benar diperlukan bagi Desa tawangsari, dusun manting Karena, Papan petunjuk arah di dusun manting sampai saat ini belum ada dan juga ada beberapa potensi wisata antara lain gudang oksigen yang merupakan salah satu tempat wisata dan tempat diklat, adapun masjid turki dan kampung inspirasi sehingga masih ada orang yang masih kesulitan mencari tempat tersebut, dan banyak dari mereka bertanya di warga sekitar, dengan begitu menghambat kegiatan. Oleh karena kondisi tersebut, maka harus direncanakan pembuatan papan penunjuk arah. Melalui kegiatan ini kami mengajak beberapa warga untuk turut serta membantu baik secara moril,materia, dan bantuan lainnya sebagai wujud pengabdian masyarakat mahasiswa universitas negeri malang. tujuan dari kegiatan pembuatan papan penunjuk arah sebagai berikut :
a. Mempermudah masyarakat dan wisatawan untu mengunjungi atau mengetahui tempat dan lokasi wisata yang ada di desa tawangsari.
b. Terwujudnya keindahan dan kenyamanan dengan adanya papan nama dan petunjuk arah Dusun Manting.
c. Terwujudnya sarana informasi berupa papan nama dan petunjuk arah yang mudah dilihat.

Adapun beberapa target yang telah dicapai oleh program kerja pembuatan papan penunjuk arah Desa Tawangsari, Dusun manting.
1. Tahap Perencanaan
Pada tahap ini, Tim KKN Desa tawangsari melakukan perencanaan serta survey lokasi untuk menentukan tempat -- tempat yang dibutuhkan dan yang akan dipasang papan/pelakat petunjuk arah jalan.
2. Tahap pelaksanaan
Dalam tahap ini tim melakukan beberapa kegiatan terkait pembuatan papan sebagai berikut :
* Pengambilan kayu dihutan dibantu oleh warga desa tawangsari dan salah satu Ketua Pemuda-Pemudi Desa ( PPD) ,dusun manting.
* Melakukan desain kayu yang dimana papan terbuat dari kayu sehingga terlihat alami.
* Perakitan papan penunjuk jalan
* Membuat kerangka yang terbuat dari bambu dan cutting sticker untuk tuulisan informasiyang ada termuat didalamnya.
* Melakukan pengamplasan pada kayu agar hasilnya terlihat halus
* Melakukan pencetakan nama pada kayu yang dimana menempelkan potongan-potongan huruf / sticker pada kayu sesuai nama tempat dan ukuran.
* Melakukan pengecatan/ pilox
* Setelah dilakukan pengecatan , kayu dijemur dan di plitur.
* Melakukan pemasangan pada titik lokasi yang sudah ditentukan. Ada beberapa titik lokasi pemasangan ialah Tugu pintu masuk Desa Tawangsari, Kampung Inspirasi,Masjid Turki, Dan Gudang Oksigen.

Dengan adanya penempatan KKN UM  di desa tawangsari memiliki potensi untuk membantu kesulitan para wisata lokal dalam mengakses jalan menuju tempat atau lokasi dengan menyediakan papan petunjuk arah yang baik dan benar dan berbeda yang terlihat alami. Kegiatan ini terlaksana dengan baik atas dukungan dan bantuan warga desa karena hal ini menyangkut kepentingan orang banyak. Tidak ada hambatan yang cukup berarti dalam proses persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi kegiatan ini hanya saja proses pengerjaannya membutuhkan waktu yang lama. Pembuatan dan pemasangan papan atau plakat penunjuk jalan ini adalah sebagai bentuk partisipasi, koordinasi dan keterlibatan aktif baik mahasiswa, dosen  dan warga desa sekitar.

dokumentasi pribadi
dokumentasi pribadi

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan