Mohon tunggu...
KKN PohbogoUM
KKN PohbogoUM Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Pohbogo UM

Akun milik mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang di Desa Pohbogo Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro tahun 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mudahkan Masyarakat Luar, Mahasiswa KKN UM Pasang Plang Nama Jalan di Desa Pohbogo, Bojonegoro

24 Juli 2021   12:59 Diperbarui: 24 Juli 2021   13:34 319 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mudahkan Masyarakat Luar, Mahasiswa KKN UM Pasang Plang Nama Jalan di Desa Pohbogo, Bojonegoro
sumber : dokumentasi pribadi

BOJONEGORO-Mahasiswa KKN Pulang Kampung Universitas Negeri Malang ( UM ) melaksanakan program kerja pembuatan Plang Nama Jalan di Desa Pohbogo, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro. Kegiatan pemasangan Plang Nama Jalan tersebut berlangsung pada Minggu, 18 Juli 2021. Kegiatan tersebut didampingi oleh beberapa perangkat desa Pohbogo dan dilaksanakan oleh anggota mahasiswa KKN pulang kampung UM.

Lokasi Desa Pohbogo yang terletak di Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, cukup mudah di temui karena letaknya yang tidak jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Bojonegoro. Akan tetapi bagi sebagian orang luar masih merasa kesulitan ketika berkunjung atau hendak mencari alamat rumah yang berada di Desa Pohbogo tersebut. Hal ini dikarenakan tidak adanya papan nama jalan yang bisa mereka temukan untuk dijadikan petunjuk arah. Sehingga Plang Nama jalan menjadi sangat penting sebagai sarana penunjuk alamat rumah warga. Selain itu Plang Jalan juga dapat menambah fasilitas yang ada di desa Pohbogo. Hal inilah yang melatarbelakangi Mahasiswa KKN UM memasang papan nama jalan sebagai salah satu Program Kerjanya.

sumber : dokumentasi pribadi
sumber : dokumentasi pribadi
sumber : dokumentasi pribadi
sumber : dokumentasi pribadi

Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa KKN UM menggunakan material berupa kayu dengan dilapisi cat berwarna hijau agar lebih awet dan tidak mudah lapuk serta pada tiang kayu dicor agar lebih kuat dan tahan lama. Tiang terbuat dari kayu balok berukuran 4x6 cm dengan tinggi 2,5 m sebanyak 4 buah dan kayu balok berukuran 3x4 cm dengan tinggi 2 m sebanyak 5 buah, papan nama jalan juga terbuat dari kayu dengan ukuran 15x45 cm.  Kemudian Plang Nama Jalan ini direncanakan akan disebar di 9 titik pemasangan dengan 15 nama jalan beserta RT.

Mahasiswa juga memberikan stiker berlogo UM sebagai tanda bahwa papan nama jalan ini dibuat oleh Mahasiswa KKN UM. Pembuatan papan nama jalan ini dikerjakan dalam kurun waktu 2 minggu lebih, terhitung dari tanggal 30 Juni sampai 18 Juli 2021. Hal ini dikarenakan terdapat kendala pandemi covid 19 yang sempat naik di beberapa wilayah Indonesia, sehingga program kerja dilaksanakan secara bertahap. Meskipun demikian, kendala tersebut bisa diatasi dan papan nama jalan selesai dipasang. Adanya plang nama jalan tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat yang berasal dari luar desa Pohbogo tidak lagi merasa kesulitan dalam mencari alamat warga desa Pohbogo.

sumber : dokumentasi pribadi
sumber : dokumentasi pribadi

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN