Mohon tunggu...
KKN MIT_DR16
KKN MIT_DR16 Mohon Tunggu... Lainnya - UIN Walisongo Semarang

Akun ini dikelola oleh tim KKN MIT DR-14 Kelompok 16 UIN Walisongo Semarang yang berguna untuk berbagi informasi kegiatan KkN MIT DR-14 Kelompok 16 di desa Tuwel Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal Provinsi Jawa Tengah.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN MIT DR-14 Kelompok 16 UIN Walisongo Semarang Pendampingan Pembelajaran TPQ Nurul Hikmah

11 Agustus 2022   08:42 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:44 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN MIT DR-14 Kelompok 16 UIN Walisongo Semarang Pendampingan Pembelajaran TPQ Nurul Hikmah

Salah satu bentuk pengabdian yang dilakukan oleh Tim KKN MIT kelompok 16 UIN Walisongo Semarang  adalah dengan terjun langsung dalam mengajar di TPQ "Nurul Hikmah" yang bertempat di Dukuh Tere Desa Tuwel, Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. TPQ Nurul Hikmah mempunyai peran yang sangat penting dalam membentuk karakter anak serta menciptakan generasi qur'ani di Desa Tuwel Kecamatan Bojong, Kabupaten Tegal. Secara umum memberikan dampak positif dalam meneruskan generasi Islami apalagi dalam belajar Al-Qur'an dalam melaksanakan proses belajar mengajar membaca dan menulis Al-Qur'an untuk anak-anak guna meningkatkan pemahaman nilai keimanan dan ketaqwaan.

Seiring perkembangan zaman metode pembelajaran baca tulis Al-Qur'an juga turut berkembang pada setiap TPQ,  menggunakan metode yang berbeda-beda. Tetapi memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memudahkan belajar membaca dan menulis Al-Qur'an. Metode pembelajaran baca tulis Al-quran yang diterapkan di TPQ Nurul Hikmah menggunakan metode Asy-syifa untuk permulaan dalam membaca Al-Qur'an, selain mempelajari tentang metode Asy-syifa, TPQ Nurul Hikmah juga mengajarkan tentang ilmu-ilmu agama Islam lainnya seperti belajar tajwid, Ghorib, membaca surat-surat pendek, membaca doa-doa lainnya. Setelah mengaji Asy-Syifa dilanjutkan mengaji Al-Qur'an bagi murid yang sudah lancar membaca arab.

Hingga saat ini TPQ Nurul Hikmah mempunyai kurang lebih 50 santri yang terdiri dari anak usia TK hingga SD/MI. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi bimbingan baca Al-Qur'an menggunakan metode tilawati, yaitu santri dikelompokkan sesuai dengan tingkatan jilidnya. Hal ini membantu meningkatkan semangat santri TPQ dalam belajar membaca Al-Qur'an. Pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca Al-Qur'an pada santri. Kegiatan TPQ ini berlangsung dari jam 13.00 sampai jam 14.15.

Para santri TPQ Nurul Hikmah memiliki energi yang melimpah dalam belajar. Hal itu bisa dilihat dari antusias mereka dalam mengikuti gurunya. Mulut yang terbuka lebar mampu menghasilkan suara powerful dan itu bagus pada usia mereka.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan