Mohon tunggu...
KKN MIT14
KKN MIT14 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN MIT 14 Kelompok 3 UIN Walisongo Semarang

KKN MIT 14 Kelompok 3

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN UIN Walisonggo Bantu Tingkatkan Mutu UMKM Dusun Tanduran

23 Agustus 2022   22:05 Diperbarui: 23 Agustus 2022   22:08 50 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi kreatif sebagai tema KKN Mandiri Intensif Terprogram UIN Walisongo yang ke-14 dimanfaatkan oleh KKN Kelompok 3 untuk membantu UMKM di dusun setempat dalam meningkatkan mutu produksi. Salah satu pembantuan dalam meningkatkan mutu produksi yaitu membuat desain label hingga membuat pengemasan yang lebih menarik dari yang sebelumnya. Di Dusun Tanduran sendiri masih minim UMKM yang berkembang cukup besar. Dari beberapa UMKM yang ada, KKN Kelompok 3 memilih UMKM produksi keripik bayam untuk dibantu ditingkatkan mutu kualitasnya.

UMKM keripik bayam ini merupakan produksi rumahan yang setiap harinya selalu laku habis. Rasanya yang gurih dan lezat membuat keripik bayam ini mudah laku di berbagai tempat. Sasaran pemasarannya pun sudah mencapai pasar besar seperti Pasar Legi Parakan dan toko besar yang menjual berbagai camilan seperti Toko Pamela. Pengemasan pada keripik bayam ini masih terbilang sederhana, hanya plastik kiloan dan label yang diprint menggunakan kertas hvs hitam putih. Bahkan masih menggunakan lilin sebagai perekat plastiknya.

Kamipun berinisiatif membuat label pada kemasan dan membelikan kemasan yang lebih modern seperti plastik tebal berbentuk pouch. Label dicetak di kertas hvs berwarna dan dicetak dalam bentuk stiker. Tak hanya itu, kami juga belajar produksi keripik bayam seperti memilah -- milah bayam yang bagus yang kemudian masuk ke proses penyelupan ke dalam tepung dan kemudia digoreng. Proses produksinya cukup sederhana yang dari itu UMKM ini hanya dikelola dan diproduksi satu orang dan hanya menghabiskan waktu satu hari untuk memproduksi serta mengemas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan