Mohon tunggu...
KKN MBKM MD
KKN MBKM MD Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

KKN MD Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Membangun Desa Senggreng sebagai Desa Wisata dengan Strategi Branding di Era 4.0

14 Desember 2022   23:03 Diperbarui: 14 Desember 2022   23:09 752
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Desa Senggreng, sebuah desa di wilayah Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang yang memiliki potensi desa sebagai desa wisata. Sebuah potensi terutama dalam bidang pariwisata harus dipromosikan baik secara online maupun offline. 

Di era 4.0 yang serba digital mendorong strategi promosi ke arah digitalisasi dengan menggunakan sosial media yang ada. Strategi Branding 4.0 sangat penting untuk diterapkan. Salah satunya yaitu mengunggah konten di media sosial yang harus bervariasi. Dalam hal ini penggunaan sosial media tentang desa wisata harus menerapkan rumus 4M, yaitu Menghibur, Mengedukasi, Menginspirasi, dan Meyakinkan.

Dalam hal strategi Branding 4.0, mahasiswa MBKM -- Membangun Desa Universitas Negeri Malang Desa Senggreng 2022 mencoba untuk meningkatkan potensi wisata desa yang ada. Salah satu strategi Branding  yang digunakan yaitu membuat kanal YouTube. Hal ini didukung dari alasan bahwa Desa Senggreng belum memiliki akun sosial media yang resmi di YouTube. 

Oleh karena itu kami berinisiatif untuk memulai langkah Branding desa melalui kanal YouTube tersebut. Dimulai dari pembuatan akun google untuk desa secara khusus yaitu akun google bisnis. Lalu membuat kanal YouTube Senggreng Official. Kanal Youtube Senggreng Official memiliki tujuan utama tidak hanya sebagai sarana untuk Branding desa wisatanya tetapi juga sebagai wadah dokumentasi kegiatan-kegiatan di Desa Senggreng.

Dokpri
Dokpri


Dalam kanal YouTube Senggreng Official kami membuat beberapa konten yang memperlihatkan keadaan dan visual dari wisata yang ada di Desa Senggreng. Strategi Branding selanjutnya yaitu membuat konten video dokumentasi yang menyajikan visual khas wisata Senggreng. 

Para mahasiswa KKN membuat video profil wisata Desa Senggreng yang diberi judul Wonderful Senggreng. Dalam video tersebut terdapat informasi destinasi wisata yang ada di Desa Senggreng. Destinasi yang pertama yaitu Embung yang berada di Dusun Ngrancah. Embung juga dikenal sebagai kawasan wisata berbasis irigasi. 

Tidak hanya itu kini di Desa Senggreng khususnya di Embung juga menjadi kawasan wisata kuliner mujair. Destinasi yang kedua yaitu Rajut Indah yang berada di Dusun Kecopokan. Rajut Indah merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam dari waduk Karangkates. Dan destinasi wisata yang ketiga yaitu Sumber Duren yang berada di Dusun Kecopoan. 

Tidak jauh berbeda dari Rajut Indah namun di Sumber Duren para pengunjung juga ditawarkan beberapa spot untuk bisa memancing. Banyak warga yang datang tidak hanya saat weekend untuk menghabiskan waktu di Sumber Duren dengan tujuan memancing ikan.

Seluruh tempat wisata yang ada kami ringkas menjadi satu video profil wisata Desa Senggreng. Seluruh proses pembuatan video dilaksanakan secara mandiri oleh para mahasiswa KKN MBKM - Membangun Desa Universias Negeri Malang. Mulai dari pengambilan video, pengeditan video serta pembuatan narasi untuk video profil tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun