[Seminai, Kerinci Kanan, Siak, Riau]
Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak besar dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di dunia pendidikan. Gadget atau gawai kini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari aktivitas anak-anak, bahkan di tingkat sekolah dasar. Di satu sisi, gadget dapat menunjang proses belajar karena memberikan akses informasi yang luas. Namun, di sisi lain, penggunaan yang berlebihan dan tidak terarah berpotensi menimbulkan dampak negatif, mulai dari penurunan konsentrasi belajar hingga masalah kesehatan.
Melihat kondisi tersebut, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah 'Aisyiyah (KKN MAs) Kelompok 112 Desa Seminai mengadakan kegiatan edukasi dengan tema "Bijak Menggunakan Gadget untuk Belajar yang Lebih Baik" di SDN 02 Seminai pada Rabu, 13 Agustus 2025. Kegiatan ini berlangsung pada pagi hari, mulai pukul 09.00 hingga 10.30 WIB, dan diikuti oleh seluruh siswa kelas 6.
Acara dibuka dengan perkenalan dari mahasiswa KKN MAs dan guru pendamping. Untuk mencairkan suasana, mahasiswa mengajak siswa melakukan ice breaking berupa permainan edukatif yang seru sehingga siswa tampak bersemangat mengikuti kegiatan dari awal. Setelah itu, mahasiswa menyampaikan materi menggunakan slide PowerPoint tentang dampak positif dan negatif penggunaan gadget, tips mengatur waktu bermain, serta cara memanfaatkan gadget untuk mendukung kegiatan belajar.
Agar materi lebih menarik, mahasiswa juga memutar video animasi edukatif yang mengilustrasikan bagaimana penggunaan gadget yang tidak terkontrol bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata, waktu belajar, dan interaksi sosial. Sebaliknya, dengan pengelolaan yang baik, gadget bisa menjadi sarana belajar yang menyenangkan, misalnya melalui aplikasi edukasi atau video pembelajaran.
Tidak hanya menerima materi, para siswa juga diajak berdiskusi dan tanya jawab. Mahasiswa mendampingi siswa untuk menyusun jadwal harian yang seimbang antara belajar, bermain, beristirahat, dan penggunaan gadget. Banyak siswa yang berani bercerita tentang kebiasaan mereka bermain gim di ponsel dan bagaimana itu memengaruhi waktu belajar mereka. Diskusi ini membuat kegiatan semakin interaktif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari siswa.
Salah satu guru SDN 02 Seminai yang mendampingi kegiatan menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, metode penyampaian yang sederhana namun menyenangkan memudahkan siswa memahami materi. "Kami sangat senang dengan kegiatan ini. Anak-anak jadi lebih sadar bahwa gadget bukan hanya untuk bermain, tetapi juga bisa membantu mereka belajar," ungkapnya.
Dengan terlaksananya edukasi ini, mahasiswa KKN MAs 112 berharap siswa SDN 02 Seminai dapat lebih bijak memanfaatkan teknologi, khususnya gadget, untuk hal-hal positif. Kegiatan ini sekaligus menjadi wujud nyata kontribusi mahasiswa dalam memberikan edukasi yang relevan dengan tantangan zaman.
Artikel ini disunting oleh:
Syahdinia Aprilia | Divisi Humas & Acara | KKN MAs 112 Desa Seminai
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI