Mohon tunggu...
KKN JATIREJO21019
KKN JATIREJO21019 Mohon Tunggu... Kkn unnes di desa Jatirejo

Kkn unnes 2019 tahap II

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Pelatihan Penggunaan E-Arsip Sederhana di Desa Jatirejo

16 November 2019   19:52 Diperbarui: 16 November 2019   19:53 41 0 0 Mohon Tunggu...

Pengelolaan surat sangatlah penting dalam suatu instansi pemerintahan. Pengelolaan surat yang ada di desa Jatirejo sudah berjalan dengan baik walaupun penyimpanan yang ada disana belum berjalan dengan baik. Dalam pengelolaan surat yang ada di Kantor Balai Desa Jatirejo, surat dicatat secara manual dalam buku agenda surat masuk dan buku agenda surat keluar. 

Berdasarkan dari latar belakang yang telah disampaika, penulis tertarik untuk membuat sebuah aplikasi sederhana untuk pencatatan dan penyimpanaan surat masuk ataupun keluar yang ada di kantor balai desa Jatirejo secara elektronik yang dapt memudahkan dalam pencatatan dan penyimpanan bahkan pengelolaan surat masuk dan surat  keluar dengan nama aplikasi E-Arsip Sederhana  Desa Jatirejo. 

dokpri
dokpri
Aplikasi elektronik sederhana ini dikembangkan dengan menggunakan program Microfoft Office Access. Microfoft Office Access merupakan salah satu database management sistem untuk menangani bisnis maupun informasi pribadi, dengan Microfoft Office Access penulis dapat mendesain serta membangun aplikasi yang lengkap dan mudah.

Progres dari pelatihan penggunaan E-Arsip yaitu perangkat desa yang menangani tentang pengelolaan surat- menyurat sudah berjalan dengan baik dan sudah menggunakan pencatatan surat dengan menginput dan juga mencatatatnya di buku agenda yang sudah ada.

Hasil kegiatan dari kegiatan yang sudah penulis lakukan yaitu perangkat desa terutama bagaian pengelolaan surat dapat menggunakan E-Arsip Sederhana Desa Jatirejo dengan baik. Luaran dari pelaksanaan kegiatan ini adalah modul yang digunakan untuk membuat E-Arsip secara sederhana dari awal sampai pada saat terbentuknya aplikasi E-Arsip Sederhana. 

Harapanya dengan adanya E-Arsip sederhana penulis mengharapkan agar perangkat desa terus mengikuti perkembangan zaman yang ada dengan kemajuan teknologi yang dihadapi, sehingga lebih dapat mengemangkan aplikasi EArsip secara sederhana.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN