Mohon tunggu...
SFatimah
SFatimah Mohon Tunggu... Guidance and counseling islamic '17

Guidance and counseling islamic '17

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

5 Kiat Efektif Jaga Kesehatan Tubuh Selama Pandemi Covid-19

8 Agustus 2020   22:38 Diperbarui: 8 Agustus 2020   22:36 26 1 0 Mohon Tunggu...

Virus Covid-19 yang menyebar di Indonesia semakin mewabah. Data kasus Covid-19 semakin hari kian bertambah. Dari data Satuan Tugas Covid-19 pada 6 Agustus 2020 menyebutkan bahwa kasus positif Covid-19 di Indonesia menginjak pada angka 118.753 kasus. 

Hal ini berdasarkan hitungan secara kumulatif dari penyebaran Covid-19 di Indonesia. Kementerian Kesehatan Indonesia pun mengimbau agar seluruh masyarakat selalu menerapkan gaya hidup yang bersh dan sehat demi melawan penyebaran Covid-19 secara bersama-sama. 

Banyak cara yang dilakukan agar angka penyebaran Covid-19 bisa menurun seperti menjaga jarak dengan orang lain, mencuci tangan, melakukan aktivitas dengan di rumah saja, dan langkah-langkah pereventif lainnya. 

Selain langkah-langkah tersebut, cara ampuh lainnya yaitu menjaga kesehatan dengan menguatkan sistem imun atau daya tahan tubuh. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar tubuh tetap sehat. 

Dilansir dari jurnal Nature Medicine melalui sebuah penelitian di Australia menyebutkan bahwa sistem imun yang sehat sangat mungkin untuk mengalahkan SARS-CoV-2. 

Meski saat ini belum juga ditemukan vaksin untuk mencegah penularan Covid-19. Namun hal penting yang harus diterapkan adalah menghindari diri dari paparan virus dengan menjaga sistem imun tubuh untuk tetap sehat dan fit. Beberapa kiat yang bisa dilakukan yaitu:

1. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi
Masih banyak yang mengabaikan pentingnya makanan sehat dan bergizi. Kebanyakan orang lebih suka memakan makanan yang lezat dibandingkan makanan yang bergizi namun rasanya biasa-biasa saja. Beraktivitas di rumah seringkali membuat kita banyak ngemil. Di saat-saat tertentu ngemil diperbolehkan asal tetap memperhatikan makanan yang masuk ke tubuh merupakan makanan sehat. Kondisi pandemi Covid-19 sebaiknya dimanfaatkan untuk melaksanakan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat seperti memasak. Jika biasanya sering membeli makanan junk food di luar rumah namun kali ini sebaiknya meninggalkan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan makanan olahan sendiri. Tentunya, dengan bahan-bahan yang sehat. Karena sistem imun yang sehat memerlukan nutrisi dari makanan yang juga bernutrisi.

Ada banyak jenis nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh diantaranya vitamin, mineral, hingga molekul antioksidan. Nutrisi yang cukup mampu menjaga imunitas tubuh. Isilah meja makanmu dengan berbagai jenis makanan sehat dan bernutrisi seperti kacang-kacangan, biji-bijian, buah dan sayuran. Untuk jenis buah yang cocok dikonsumsi seperti alpukat, jeruk, jambu dan luntuk jenis sayuran seperti wortel, tomat, dan jenis buah serta sayuran lain yang kaya akan antioksidan.

2. Konsumsi Multivitamin Penunjang Daya Tahan Tubuh
Mengkonsumsi multivitamin atau suplemen penunjang daya tahan tubuh bisa memperkuat daya tahan tubuh. Suplemen yang mengandung vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin E (alpha tocopheryl), vitamin D3, vitamin B kompleks (B3, B5, B6, DAN b12), vitamin C (sodium ascorbate), zinc picolinate, serta sodium selenite, mampu meningkatkan kinerja sistem imun dalam melawan infeksi yang bisa disebabkan oleh bakteri ataupun virus, termasuk inveksi virus Covid-19. Selain itu, vitamin B3, B5, dan B6 mampu menyembuhkan sel-sel tubuh yang rusak akibat penyakit.

3. Disiplin pada Jam Tidur
Jam tidur menjadi hal yang harus diperhatikan bagi kesehatan tubuh. Sering begadang tentu tidak baik bagi tubuh. Kurang tidur juga terbukti dapat menimbulkan berbagai efek buruk bagi kesehatan, salah satunya berdampak pada penurunan daya tahan tubuh. Tidur dan daya tahan tubuh tentu memiliki kaitan antara satu dengan yang lain. Tidur yang cukup membuat regulasi sistem imun tetap terjga. Disiplin pada jam tidur adalah kuncinya. Berdasarkan pada penelitian National Sleep Foundation menyebutkan bahwa orang dewasa perlu jam tidur yang cukup minimal 7 hingga 9 jam dalam sehari.

4. Rutin Berolahraga di Rumah
Olahraga terbukti mampu meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan studi pada tahun 2015 menyebutkan bahwa latihan yang tidak berlebih dan cukup bisa membantu proses regenerasi sel imun tubuh dan hal ini juga dapat mengurangi peradangan di tubuh kita. Luangkanlah waktu setidaknya sekali dalam sehari untuk tetap berolahraga meski sesibuk apapun selama di rumah. Olahraga teratur memiliki dampak yang lebih baik terhadap tubuh dibandingkan olahraga yang hanya dilakukan sekali-sekali saja. Manfaatkan halaman rumah sebagai wadah berolahraga dengan merenggangkan otot-otot tubuh ataupun dengan bersenam-ria. Ajaklah anggota keluargamu untuk turut ikut berolahraga agar kamu juga bisa semangat melakukan olahraga setiap hari. Sempatkanlah setidaknya 30 menit berolahraga dalam sehari.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN