Mohon tunggu...
KKNDesaSumberJati
KKNDesaSumberJati Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Desa Sumber Jati

KKN Pulang Kampung Desa Sumber Jati

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pendampingan Pengelolaan Greenhouse dan Kegiatan Pawon Urip Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Lumahang

25 Juli 2021   18:45 Diperbarui: 25 Juli 2021   18:56 54 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendampingan Pengelolaan Greenhouse dan Kegiatan Pawon Urip Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Lumahang
proses pembenahan greenhouse (dokpri)

Lumajang,Menjaga lingkungan merupakan hal yang paling penting terutama dimasa pandemic seperti saat ini. Banyak upaya yang dapat dilakukan dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri serta bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang dengan mengadakan kegiatan pendampingan dalam mengelola green house  dan lahan pawon urip desa. Green House merupakan rumah untuk bibit tanaman yang dirawat sehingga dapat menghasilkan tanaman berkualitas. 

Sedangkan pawon urip merupakan kegiatan yang dibuat oleh pemerintah kabupaten Lumajang dan dikelola oleh tim penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

Pelaksanaan kegiatan pendampingan yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UM dilakasanakan selama tujuh hari dimulai pada tanggal 12, 18 Juni dan 11, 13, 14, 15, 17 Juli 2021. Kegiatan berupa kerja bakti bersama perangkat desa, pembenahan green house, pengecatan dinding pagar, pengumpulan bibit, dan menanam tanaman toga. Kegiatan pendampingan ini diikuti oleh mahasiswa KKN UM, pihak desa dan tim penggerak PKK.

dokpri
dokpri

Kegiatan pendampingan  ini bertujuan untuk membantu masyarakat desa Sumberjati menjalankan pengelolaan green house  dan pawon urip agar mampu berjalan lebih baik dan aktif lagi. Kegiatan pendampingan ini juga bermanfaat dalam membantu setiap keluarga untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizinya. Mahasiswa KKN UM berharap agar masyarakat desa Sumberjati lebih memahami pentingnya menjaga dan merawat lingkungan dengan memanfaatkan lahan yang tidak digunakan untuk ditanami tanaman toga dan sayur yang dapat membantu masyarakat desa untuk kebutuhan sehari -- hari.

Penulis :

  • Ahmad Dadin Huda
  • Maratus Soliha

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan