Mohon tunggu...
kkndesangijo 2021
kkndesangijo 2021 Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN Desa Ngijo 2021

Publikasi Kegiatan KKN Desa Ngijo 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kembangkan UMKM Desa, Mahasiswa KKN UM Pasang Lampion di Cafe Rakjat

21 Juli 2021   11:02 Diperbarui: 21 Juli 2021   12:22 245 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri/ Serah Terima Lampion dari Mahasiswa KKN UM ke Manajer BUMDes Caf Rakjat

Malang. Upaya peningkatan UMKM di Desa Ngijo masih terus dalam tahap perkembangan. Sebagai bagian dari program pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa KKN Reguler Universitas Negeri Malang berkunjung ke Desa Ngijo pada Senin, 19 Juli 2021 untuk membantu masyarakat mengembangkan UMKM. Lokasi kunjungan bertempat di salah satu UMKM desa yaitu Caf Rakjat yang terletak di Ruko BUMDes Ngijo, Jalan Raya Ngijo Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Dalam kunjungan ini, mahasiswa KKN berinisiatif untuk melakukan pembuatan dan pemasangan lampion di Caf Rakjat. Hal ini dimaksudkan agar menambah keindahan lampu- lampu yang telah terpasang di caf tersebut. Caf Rakjat ini memiliki daya tarik sendiri berupa lokasinya yang berada di rooftop sehingga pengunjung dapat menikmati kopi cincau dengan view berupa pegunungan serta angin sejuk. Dengan demikian, lampion kardus yang dibuat oleh tim KKN akan semakin mempercantik suasana caf.

Dokpri- Proses Pembuatan Lampion oleh Mahasiswa KKN UM
Dokpri- Proses Pembuatan Lampion oleh Mahasiswa KKN UM

Penyerahan lampion dilakukan secara langsung oleh perwakilan anggota KKN kepada Bapak Arifudin selaku Manajer Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Ngijo. Beliau menjelaskan bahwa, "Untuk mengembangkan UMKM yang ada di Desa Ngijo, khususnya Caf Rakjat, diperlukan peningkatan pada seluruh aspek. Aspek- aspek tersebut diantaranya peningkatan kualitas SDM yang telah ada, penambahan aktivitas serta kreativitas, promosi menarik, serta hal lain yang mendukung."

Selain dihadiri oleh Bapak Arifudin, pembuatan dan pemasangan lampion tersebut juga dihadiri oleh Bapak Moch. Syaiful Alim selaku pengelola internal Caf Rakjat. Pada akhir kegiatan, mahasiswa KKN tak lupa membantu mempromosikan Caf Rakjat melalui pembuatan video pendek yang diunggah di media sosial agar semakin dikenal oleh masyarakat luas. Keinginan mahasiswa untuk ikut andil dalam pengembangan UMKM di Caf Rakjat disambut baik oleh semua pihak yang terkait.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan