Mohon tunggu...
KKN DESA KALIBENDO
KKN DESA KALIBENDO Mohon Tunggu... Lainnya - KKN 452 UNIVERSITAS JEMBER

KKN TEMATIK UMD PERIODE II 2021/2022 KELOMPOK 452 UNIVERSITAS JEMBER

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Jelajah Mahasiswa KKN UNEJ 452 pada UMKM Gula Kelapa dan Aroma Sebagai Unggulan Desa Kalibendo, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang

27 Juli 2022   17:45 Diperbarui: 27 Juli 2022   17:49 144 2 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. KKN Kelompok 452 Universitas Jember Menelusuri Potensi Desa Kalibendo (Dokpri)

          Desa Kalibendo merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang. Desa Kalibendo memiliki 5 dusun yaitu Dusun Sumberkadi, Dusun Kalibendo Selatan, Dusun Kalibendo Utara, Dusun Karang Anyar dan Dusun Sudimoro. Mata pencaharian para masyarakat yang berada di Desa Kalibendo yaitu petani, wiraswasta, pekerja swasta, dan buruh. Potensi yang dimiliki oleh Desa Kalibendo tersebar diantara dusun -- dusun yang saling mempengaruhi perkembangan dan kemajuan dari desa, potensi yang paling besar di Desa Kalibendo salah satunya adalah usaha produksi gula kelapa.

Gambar 2. Produk Gula Kelapa Khas Desa Kalibendo Siap Dikirim Hingga ke Jakarta dan Lampung (Dokpri)
Gambar 2. Produk Gula Kelapa Khas Desa Kalibendo Siap Dikirim Hingga ke Jakarta dan Lampung (Dokpri)

Menurut Bapak Asnawi Mangku Alam sebagai Kepala Desa Kalibendo (21/07/2022) "Disamping sebagai petani mayoritas warga Desa Kalibendo juga berprofesi sebagai pengusaha gula kelapa. Hal ini yang membuat Desa Kalibendo terkenal sebagai sentra gula kelapa". Usaha gula kelapa menjadi salah satu usaha terbesar di Desa Kalibendo, hal ini sejalan dengan potensi yang ada di Desa Kalibendo yaitu keberadaan pohon kelapa yang tersebar di antara hamparan sawah yang luas sehingga banyak masyarakat yang mengusahakan olahan buah kelapa menjadi gula. 

Kegiatan produksi dapat dilakukan secara modern dengan menggunakan teknologi dan secara tradisional dengan teknik yang dilakukan secara turun temurun. Salah satu hal yang menjanjikan dalam menjalankan usaha gula kelapa yaitu harga yang tetap stabil dan dapat dilakukan secara terus menerus serta prospek pasar yang terus meningkat.

Gambar 3. Produk Olahan Pisang dari UMKM Aroma Tersedia Berbagai Macam Jenis dan Rasa (Dokpri)
Gambar 3. Produk Olahan Pisang dari UMKM Aroma Tersedia Berbagai Macam Jenis dan Rasa (Dokpri)

Potensi selanjutnya yaitu "UMKM Aroma" adalah salah satu usaha yang yang bergerak dalam bidang makanan dan camilan. "UMKM Aroma" berdiri pada tahun 2016 dengan produk awal yaitu telur asin aroma dengan harga Rp 4.000/satuan dengan diberikan varian rasa. Seiring dengan berjalannya waktu, Ibu Toyyibatur Rochmah selaku CEO Aroma berhenti memproduksi  telur asin dikarenakan keterbatasan bahan baku yang sulit dijangkau. Ide kreatif Ibu Toyiba membuat produk olahan pisang berasal dari keinginannya untuk mengenalkan Kota Lumajang dimana pisang merupakan ciri khas Kota Lumajang dan memiliki bahan baku yang mudah dijangkau. 

"Olahan dari pisang merupakan salah satu inovasi dimana masyarakat bisa membawa oleh-oleh khas dari Lumajang yaitu pisang namun dengan bentuk yang berbeda sehingga selain menambah nilai jual juga menambah variasi produk" tutur Ibu Toyiba (26/07/2022). UMKM Aroma telah membuat 20 jenis produk, meliputi produk unggulan yaitu tape pisang (Tapis), stik pisang (Stipis), keripik pisang (Keripis), carang pisang (Carpis), madu mongso pisang (Madupis), rol sale pisang (Rosapis), sale pisang mandi coklat (Selpie Macho), keripik pelepah pisang (D'box), dan kerupuk kulit pisang (Kerukulpis).

Harapan kedepannya untuk usaha gula kelapa yaitu pemasaran gula kelapa baik dan harganya tetap stabil. Untuk "UMKM Aroma" dapat dinikmati oleh semua kalangan dan dapat menjadi makanan ciri khas Lumajang, serta usaha - usaha lainnya yang ada di Desa Kalibendo dapat berkembang dan dapat mengembangkan potensi yang ada di desa.

Penulis: KKN UMD 2022 Kelompok 452 Desa Kalibendo

https://lp2m.unej.ac.id/category/kkn/

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan