Mohon tunggu...
KKN 12 Suco
KKN 12 Suco Mohon Tunggu... Mahasiswa - KKN UNEJ 2023 kelompok 12

Tim KKN 12 Universitas Jember tahun 2023

Selanjutnya

Tutup

Parenting

Mahasiswa KKN Tematik Universitas Jember Kelompok 12 Membantu dalam Kegiatan Posyandu di Desa Suco, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember

28 Januari 2023   13:30 Diperbarui: 30 Januari 2023   20:46 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Tim posyandu Desa Suco melaksanakan posyandu (Pos Layanan Terpadu) bagi balita dan ibu hamil pada 12 Januari 2023 bertepatan di rumah kader posyandu dan Senin, 16 Januari 2023 bertepatan di balai Desa Suco. Kegiatan ini melibatkan beberapa mahasiswa KKN UNEJ dalam mendukung dan membantu pelakasanaanya. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bentuk pelayanan kesehatan pada anak balita umur 0 bulan samapa 5 tahun serta ibu hamil.

Kegiatan posyandu balita merupakan pelayanan kepada balita dan anak dengan melakukan penimbangan agar bisa dipantau pertumbuhan dan perkembangan balita dan anak. Manfaat posyandu balita ialah memberikan layanan kesehatan anak, imunisasi, pemberian makanan tambahan, dan penyuluhan tentang kesehatan. Kader-kader Posyandu balita desa Suco melakukan kegiatan rutin bulanan bekerjasama dengan Tim Kesehatan dari Puskesmas Suco. Adapun yang dilakukan pada kegiatan posyandu balita ini yaitu;

1. Penimbangan balita dan anak. Penimbangan balita dilakukan tiap bulan di posyandu. Kegiatan ini berguna untuk mengetahui pertumbuhan dan mendeteksi sedini mungkin penyimpangan pertumbuhan balita. Dari penimbangan yang kemudian dicatat di KMS (Kartu Menuju Sehat) maka diketahui status pertumbuhan balita. Apabila penyelenggaraan posyandu baik maka upaya untuk pemenuhan dasar pertumbuhan anak akan baik pula.

2. Imunisasi. Tenaga medis dari Puskesmas selalu siap memberikan pelayanan terkait imunisasi untuk balita yang sudah terjadwal secara rutin dan berkala serta tercaat di buku KMS. Macam-macam imunisasi yang diberikan di posyandu adalah:

  • BCG untuk mencegah penyakit TBC
  • Hepatitis B untuk mencegah penyakit hepatitis B (penyakit Kuning)
  • DPT untuk mencegah penyakit difteri, pertusis (batuk rejan), tetanus
  • Polia untuk mencegah penyakit kelumpuhan

3. Peningkatan Gizi. Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bagi dan blita, snagat tepat untuk meningkatan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI, Imunisasi, Vitamin A, stimulasi  kembang anak, dan diare pada balita.

Kegiatan posyandu ini didukung penuh oleh Kepala Desa Suco, Keamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember. Kegiatan Posyandu tersebut merupakan kegiatan penting untuk menakan angka stunting. Pemantauan tumbuh kembang balita sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk memantau perkembangan sekaligus mengidentifikasi adanya gangguan pertumbuhan sejak dini. Pemantauan ini dapat dilakukan diberbagai pelayanan kesehatan masyarakat, salah satunya adalah posyandu. Dengan diadakannya kegiatan posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan balita yang ada di Desa Suco Kecamatan Mumbulsari, sehingga dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun