Mohon tunggu...
David Abdullah
David Abdullah Mohon Tunggu... Lainnya - Pegiat rebahan

Rebahanlah, sebelum rebahan dilarang.

Selanjutnya

Tutup

Fesyen Pilihan

Genderless Fashion, Tren Mode yang Tak Membedakan Gender

17 September 2021   14:58 Diperbarui: 17 September 2021   18:58 440 46 19
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Genderless Fashion, Tren Mode yang Tak Membedakan Gender
Sejumlah selebritas pria yang menerapkan tren genderless fashion di Met Gala 2021. | Sumber: Getty Images via Vogue.com

Meskipun terkesan sangat aneh bagi sebagian besar orang, tren genderless fashion lahir sebagai sarana buat mereka yang tidak mau dibatasi dalam berbusana.

Banyak hal unik yang bisa ditemui pada pentas Met Gala 2021 kali ini. Warganet ramai mengomentari gaya busana para selebritas yang terlihat tidak cocok jika dipakai untuk sehari-hari, seperti yang dikenakan Rihanna dan ASAP Rocky ini.

Rihanna dan ASP Rocky yamg memakai pakaian mirip selimut di Met Gala 2021. | Getty Images/ Vogue.com
Rihanna dan ASP Rocky yamg memakai pakaian mirip selimut di Met Gala 2021. | Getty Images/ Vogue.com

Kok bisa setelan busana yang biasanya dipakai Kang Ojek pangkalan di wisata puncak, tetapi dipakai di gelaran mode paling prestisius sejagat? Apa memang suhu di arena Met Gala sedingin Bogor?

Sebagai hamba yang tak begitu paham mengenai fesyen, gaya busana mereka memang sangat mencolok, jika bukan eksentrik. Sulit untuk membayangkan betapa mengerikan penampakan saya ketika mengenakan pakaian serupa di atas kasur empuk karpet merah.

Kalau saya dipaksa untuk memakainya, jangankan berjalan di podium, berkaca pun segan. Mungkin karena terlampau unik. Terlalu unik sampai terlihat aneh. Bukannya berlenggak-lenggok cantik, saya justru tertidur di arena red carpet.

Bagaimana tidak aneh kalau atribut yang dikenakan lebih mirip selimut dibanding pakaian. Selain itu, terlihat pula sejumlah pria yang mengenakan gaya busana tidak lazim bagi kaumnya di acara yang sama.

Alasan yang paling memungkinkan atas munculnya keanehan itu adalah budaya. Kita, warga +62, cenderung memandang tren fesyen di luar pakem dan kebiasaan sebagai suatu hal yang eksentrik.

Mode pakaian feminin harus dikenakan oleh kaum Hawa. Begitu pun sebaliknya. Gaya busana maskulin harus dikenakan oleh kaum Adam. Jika tidak sesuai, kita akan manganggapnya sebagai keanehan. Begitu lah konsep gaya berbusana yang selama ini kita pahami.

Salah satu keanehan gaya busana yang dapat kita jumpai pada Met Gala 2021, adalah rok serta gaun yang dikenakan sejumlah selebritas pria. Menjadi suatu hal yang wajar kalau kita menyebutnya aneh karena memang lazimnya busana tersebut dipakai oleh kaum perempuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Fesyen Selengkapnya
Lihat Fesyen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan