Mohon tunggu...
Ki Sugito Nuswantoro
Ki Sugito Nuswantoro Mohon Tunggu... Happy itu Simple

i am, pengayuh sepeda

Selanjutnya

Tutup

Finansial

Tips Sederhana Mengelola Keuangan

3 Desember 2019   19:19 Diperbarui: 3 Desember 2019   19:29 0 1 0 Mohon Tunggu...

Mempunyai banyak uang  sudah tentu dambakan insan di bumi ya gaes. Sering kali kita iri jika melihat tetangga atau teman kita seperti nampak tidak ada masalah dengan keuangan mereka. Ketika kita sedang keluar rumah dan melihat motor baru dan mobil baru yang masih berplat putih yang baru turun dari dealer kita jadi bertanya kepada diri kita "kapan kita bisa beli motor baru atau mobil baru ?". 

Mungkin bagi gaes-gaes yang sudah punya motor atau mobil mungkin pertanyaan yang muncul dalam hati adalah " kapan kita akan ganti motor/mobil baru?". Hmmm sebagai manusia makluk yang gampang iri dimuka bumi ini hal tersebut adalah wajar gaes, itu tandanya bahwa kita masih normal sebagai penghuni ibu bumi hahaha. 

Nah berikut adalah beberapa tips mengelola keuangan yang menurut saya adalah sangat simple gaes. Ya semoga jika kita sudah terbiasa mengelola keuangan dengan baik maka suatu saat motor baru, mobil baru dan apalah yang gaes ingin perbarui dapat terlaksana. Berikut adalah tips-tipsnya :

1. Post Berderma ( Berdana Paramita )

Pernahkah gaes membaca berita bahwa orang super kaya semisal bos Microsoft menyumbangkan dana sekian juta usd ? Atau dedengkot bapak investasi dunia Warrent Buffet yang menyumbangkan trilyuan rupiah juga dalam rangka berderma ? Ada yang mengatakan bahwa berderma adalah seperti kita melempar bola ke tembok gaes. Bola yang kita lempar sudah pasti akan mantul lagi ke arah kita. 

Mungkin artinya bahwa uang yang kita dermakan ujung-ujungnya suatu saat akan kembali lagi kepada kita. Hmmm ayo percaya apa tidak gaes ? Bagi saya sendiri karena saya seorang penganut Buddhist yang mana konsep berderma ( berdana paramitha) mengandung arti melepas keterikatan. 

Jadi dengan saya menyumbang ( berdana paramita) tujuan utama saya adalah melepas keterikatan pada uang. Memang ini berat gaes, maka itu kita perlu latihan untuk sampai pada hal tersebut. Nah silahkan gaes sesuaikan dengan kepercayaan gaes masing-masing tentang konsep berderma. 

2. Post Berkeluarga ( Berumah Tangga )

Bagi yang sudah punya pasangan hidup, maka post ini jelas artinya. Setelah kita mendapatkan gaji apabila gaes seorang karyawan maka setelah post pertama kita lakukan selanjutnya adalah post berkeluarga. Beli beras, membayar listrik, tagihan internet, cicilan kendaraan, iuran BPJS, bayar sekolah anak, kebutuhan liburan sekeluarga dan lain sebagainya yang ada hubungan dengan kehidupan berumah tangga. Jika gaes sudah menyiapkan kebutuhan keuangan untuk post ini semoga rasa nyaman sudah kita dapatkan.

3. Post Bersiap-siap untuk Hari Tua. ( Menabung )

Nah inilah yang kadang sering kebobolan gaes. Semoga dengan kita persiapkan lebih matang perencanaan keuangan di post ketiga ini maka pada suatu ketika impian kita untuk bisa memiliki sesuatu yang belum terkabul semoga suatu saat akan terkabul ya gaes. Kebiasaan menabung setiap bulan dengan rutin juga perlu kita latih gaes. Karena kembali lagi kepada sifat manusia, ketika memegang uang jadi lupa daratan hahaha. Terutama kaum hawa. Jika sudah masuk ke mall dan banyak barang discount maka lupa akan tujuan dari pengelolaan keuangan yang sudah dipersiapkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x