Mohon tunggu...
Emmy Wardhany
Emmy Wardhany Mohon Tunggu... Penggemar Literasi dan Pengagum Seni

Freelance yang punya hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Bisnis

Konsultasi Bisnis UMKM Sekarang Tersedia di SMESCO

7 Juli 2020   08:17 Diperbarui: 7 Juli 2020   08:21 48 3 10 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Konsultasi Bisnis UMKM Sekarang Tersedia di SMESCO
Konsultasi Bisnis KUKM di Smesco-dokpri

Pandemi Covid-19 membawa dampak besar bagi perekonomian nasional, Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) adalah strategi pemerintah untuk mengantisipasi dampak Covid-19 yang fokus di bidang ekonomi dan kesehatan. Untuk penanggulangan dampak ekonomi, dialokasikan anggaran khusus untuk Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

KemenkopUKM menginisiasi Pusat Informasi Pemulihan Ekonomi Koperasi dan UMKM untuk melaporkan perkembangan penyerapan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk KUMKM setiap hari baik persentase total dana yang disalurkan maupun jumlah KUMKM yang menerima. 

Ini adalah bentuk keterbukaan informasi kepada publik sekaligus mengajak semua stakeholder untuk bersama-sama menyukseskan program ini jika ditemukan kendala atau hambatan di lapangan. Kemenkop membuka Call Center PEN untuk KUMKM di nomor Hotline 1500 587 atau Whatsapp 08111 450 587.

Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga meluncurkan“Smesco Center of Excellence”, Layanan Baru bagi Pelaku Bisnis KUKM, soft launching diresmikan langsung oleh Teten Masduki Menteri Koperasi dan UKM Indonesia pada tanggal 2 Juli 2020.

Konsultasi KUKM Center of Excellence-dokpri
Konsultasi KUKM Center of Excellence-dokpri

Menjawab tantangan saat ini dan masa depan KUKM pasca pandemi dengan pola kehidupan masyarakat yang menerapkan kenormalan baru, Smesco Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM telah menyiapkan program meningkatkan kualitas daya saing produk KUKM melalui pusat konsultasi KUKM. 

Pusat Konsultasi KUKM atau Center of Excellence ini merupakan pusat informasi, pendampingan dan konsultasi bagi KUKM dengan melibatkan tenaga expert. “Kegiatan Smesco Center of Excellence akan meliputi riset dan pengembangan, peningkatan kapasitas SDM, penguatan proses produksi, juga pemetaan pasar secara holistik dari seluruh elemen pendukungnya. Termasuk tren, persyaratan administrasi ekspor dan lainnya. Fokus prioritas kami adalah UKM Ekspor dan substitusi impor”, ungkap Leonard Theosabrata, Direktur Utama Smesco Indonesia.

Berada di Lantai Dasar Gedung Smesco Indonesia di Jalan Gatot Subroto kav. 94, Pancoran, Jakarta Selatan, fasilitas Center of Excellence resmikan beroperasi pada Kamis, 2 Juli 2020 dengan jadwal konsultasi yang sudah ditetapkan dan bisa dilihat langsung di media sosial Instagram Smesco (@smescoindonesia), pelayanan ini gratis loh dan semoga bisa menjadi solusi bagi pelaku bisnis, terutama KUKM.

Sektor layanan yang menjadi prioritas  dari Smesco Center of Excellence adalah pariwisata, home décor, kuliner, fashion, ekonomi kreatif, perikanan dan hasil laut serta pertanian. Karena sektor ini sangat terdampak di masa pandemi ini. 

Unit-unit konsultasi di Pusat Konsultasi KUKM SMESCO, yaitu :

1. LLP-KUKM Kuliner
2. Deputi SDM Craft/Kriya
3. Deputi Kelembagaan Legalitas/Perizinan
4. Deputi Produksi dan Pemasaran Fesyen
5. LPDB-KUMKM Pembiayaan dan Pajak
6. Deputi Restrukturisasi Usaha Online Marketing
7. LPDB-KUMKM Business Development

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN