Mohon tunggu...
kirana ayu palupi
kirana ayu palupi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia

Mahasiswa Universitas Al Azhar Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Integrasi Islam dan Pentingnya ASI Eksklusif Menurut Al Qur'an

18 Januari 2022   11:15 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:39 131 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendahuluan 

Islam adalah agama yang mengajarkan bahwa ilmu pengetahuan dan agama merupakan sesuatu yang saling berhubungan dan saling melengkapi. Agama merupakan sumber ilmu pengetahuan dan ilmu pengetahuan merupakan sarana untuk menerapkan segala sesuatu yan ada di dalam ajaran agama maupun ilmu pengetahuan itu sendiri. 

Seperti yang diketahui , di dalam islam menuntut ilmu adalah sesuatu yang wajib, baik menuntut ilmu agama maupun ilmu pengetahuan (Sains dan teknologi). Sebagaimana yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW "Menuntut Ilmu itu wajib atas setiap orang islam" (HR. Ibnu Majah). Allah SWT memberikan suatu penghargaan dan akan meninggikan derajat bagi orang -- orang yang memiliki ilmu pengetahuan (Syafrudin. 2020). 

Dalam hal ini, allah SWT berfirman dalam QS. Al -- Mujaadilah [58] : 11 "Hai orang -- orang beriman apabila dikatakan kepadamu 'Berlapang -- lapanglah dalam majelis', maka lapangkalan niscaya allah akan memberi kelapangan untukmu dan apabila dikatakan 'Berdirilah kamu' maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang -- orang yang beriman diantaramu dan orang -- orang yang diberi ilmu pengetahuan dan allah maha mengetahui apa yang kamu kerjakan".

Integrasi Islam 

Integrasi merupakan combine parts into a whole, join with other group or race yaitu menggabungkan bagian -- bagian yang terpisah dalam satu kesatuan. Integrasi berarti utuh atau menyeluruh, integrasi tidak hanya menggabungkan pengetahuan sains dan agama, tetapi juga memberikan persiapan mengenai norma keagamaan yang dominan (Chanifudin & Nuriyati. 2020). 

Gizi merupakan zat makanan pokok yang diperlukan bagi pertumbuhan dan kesehatan tubuh. Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari -- hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, berdasarkan umur, jenis kelamin, dan status kesehatan (Handoko. 2020).

ASI Eksklusif Menurut Alquran

ASI tau Air Susu Ibu merupakan suatu emulsi lemak dalam larutan protein, laktosa, dan garam -- garam organik yang disekresi oleh kelenjar payudara ibu sebagai makanan utama bagi bayi. ASI mengandung semua zat gizi dan cairan yang dibutuhkan bayi untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dalam 6 bulan pertama. ASI terbagi menjadi 3 jenis yaitu kolostrum, ASI masa perlaihan, dan ASI mature (Anindyta. 2020).

 Kolostrum adalah susu yang keluar pertama, kental, berwarna kuning dengan kandungan protein yang tinggi dan sedikit lemak (Walyani. 2015). Pada usia 6 bulan pertama, bayi hanya perlu mengonsumsi ASI atau Air Susu Ibu. ASI eksklusif berdasarkan peraturan pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 tentang pemberian ASI eksklusif adalah ASI yang diberikan kepada bayi sejak dilahirkan selama enam nulan, tanpa menambahkan atau mengganti dengan makanan maupun minuma lain baik dalam bentuk cairan maupun padatan, terkecuali obat, vitamin, dan mineral.

ASI atau Air Susu Ibu merupakan satu -- satunya jenis makanan yang 100% halal, serta jauh lebih berkualitas untuk dikonumsi oleh bayi yang baru lahir (Nasution. 2016). Allah SWT menganjurkan kepada para ibu yang baru melahirkan agar menyusui anak mereka hingga 2 tahun penuh bagi ibu yang ingin menyempurnakan masa menyusuinya, sebagaimana disebutkan dalam QS. Al -- Baqarah ayat 233

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan