Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Tips Sukses Fresh Graduate Berkarier

18 Januari 2021   16:02 Diperbarui: 18 Januari 2021   16:38 19 3 0 Mohon Tunggu...

Sobat millenial, setelah lulus kuliah kamu pasti punya keinginan bekerja untuk mendapat penghasilan dan karir yang baik. Tetapi tidak gampang kan. Apa lagi kalau kamu sarjana  baru lulus kuliah. Bila sudah bekerja pun para fresh graduate memerlukan bimbingan agar bisa bekerja dan berkarir dengan baik 

Jangan khawatir! Ada beberapa tips agar fresh graduate sukses berkarir :

- Yakin dengan keputusan untuk berkarir di tempat kamu bekerja. Sebaiknya kumpulkan dulu informasi sebanyak mungkin agar kamu lebih mudah mengambil keputusan. Jangan sampai kamu tidak benar bekerja gara-gara kamu tidak menyukai pekerjaan  itu dan tempat kamu bekerja.

- Kenali kekuatanmu. Sebelum berkarir, analisa dulu kekuatan apa yang membuatmu yakin bisa berkarir di tempat kamu bekerja nanti.

- Lihat perkembangan karir karyawan yang sudah ada. Kalau sudah menjadi karyawan sebaiknya kamu tanyakan kepada karyawan senior bagaimana jenjang karir di perusahaan tempat kamu bekerja, apakah berdasar senioritas atau performance kerja.

- Cari tahu masalah-masalah yang akan menghalangi perkembangan karirmu. Kamu bisa bertanya kanan kiri keoada rekan kerjamu dengan cara yang elegan.

- Tentukan target perkembangan karirmu  Kamu harus mempunyai target waktu tertentu untuk mencapai jabatan tertentu, sehingga bisa memacu kinerjamu. Tetapi sebaijnya jangan berlebihan  sebab bisa menjadi bumerang untukmu.

- Singkirkan pikiran negatif tidak mampu mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik. Kamu harus berani menanggung tugas yang diembankan kepadamu.

- Buat mimpimu menjadi seseorang di dunia kerja menjadi kenyataan. Misalnya bermimpi menjadi direktur di perusahaan tempat kamu bekerja. Kalau bisa kamu wujudkan mimpimu itu dengan segala usaha dan bekerja keras untuk meraihnya.

- Jangan menunda pekerjaan. Saat mendapat tugas langsung kerjakan. Kalau kamu sering menunda pekerjaan, kamu akan semakin malas menyelesaikannya, sehingga berujung pada buruknya penilaian hasil kerja.

- Kalau kamu sudah siapkan semua, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu persiapan mental.

VIDEO PILIHAN