Mohon tunggu...
Wahyu Barata
Wahyu Barata Mohon Tunggu... Penulis - Marketing Perbankan

Wahyu Barata.Lahir di Garut 21 Oktober 1973. Menulis puisi, cerita pendek,dan artikel. Tulisan-tulisannya pernah dimuat di Sari Kata, majalah Aksara , Media Bersama, Kompas, Harian On Line Kabar Indonesia, beberapa antologi bersama, dan lain-lain.Kini bekerja sebagai marketing perbankan tinggal di Bandung.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Kejelasan Job Desk

26 Juni 2019   09:22 Diperbarui: 26 Juni 2019   09:26 93
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Ada kalanya pekerjaan yang kita lakukan cukup menyenangkan di tempat kerja, tetapi kita bingung harus mengerjakan apa, karena kadang-kadang apa yang kita lakukan serabutan, dan tidak jelas job descnya, sehingga menyita banyak waktu. Sementara bawahan kita sulit dikoordinasi. Dari masalah ini kita harus tahu bagaimana cara merangkul mereka, bagaimana memanage waktu dan pekerjaan kita.

Kita harus mendiskusikan dengan atasan mengenai ruang lingkup tanggung jawab posisi kita, apa yang menjadi target kita. Apa indicator keberhasilan (key performance indicator) dari posisi kita. Job desc yang jelas akan membantu kita menyusun rencana untuk tim kerja yang kita pimpin. Cari waktu luang untuk mengajak anak buah mendiskusikan kinerja tim. Mulailah dengan mengajak mereka untuk menyusun target bersama.Kita dan anak buah perlu kejelasan dalam bekerja.

Kemudian buat pertemuan berkala untuk memantau kemajuan yang telah dicapai dan mengatasi kesulitan yang mungkin terjadi. Kenali anak buah kita. Tempatkan diri kita di posisi mereka. Mungkin di antara mereka ada yang harus dilatih untuk menguasai ketrampilan tertentu, mungkin ada yang perlu dibantu untuk memecahkan masalah yang mereka hadapi.

Mengelola waktu pada dasarnya mengelola prioritas. Susun prioritas pekerjaan berdasarkan berapa penting dan mendesak pekerjaan. Delegasikan pekerjaan yang tepat ke orang yang tepat. Lakukan pekerjaan yang paling mudah terlebih dulu yang harus dikerjakan. Jangan menunda-nunda waktu bekerja. Tinggalkan pekerjaan yang tidak perlu dan hanya membuang-buang waktu, dan tidak mendesak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun