Mohon tunggu...
Ang Tek Khun
Ang Tek Khun Mohon Tunggu... Freelancer

Alumnus Psikologi (Ubaya), gemar pada narasi & visual storytelling, hanya menulis hal-hal yang menggerakkan hati & menggairahkan pikiran, dituturkan populer dari sudut psikologis, tentang hidup keseharian. #jogja #genpi #localguides 9 • Street View Trusted Photographer • editor • Social Media Platform & Content Strategist • Pemangku hashtag #ceritakhun #khunjungan #khunliner #writingkhun • Menulis di Instagram @angtekkhun1 • Mencuit di Twitter @angtekkhun & @ceritakhun • Nyetatus di FB angtekkhun

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Jelajah Jogja Jalan Kaki via Staycation di Cordela Kartika Dewi

31 Maret 2020   23:56 Diperbarui: 1 April 2020   00:18 87 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Jelajah Jogja Jalan Kaki via Staycation di Cordela Kartika Dewi
Foto: Pixabay

Jika waktu berkenan untuk berkawan dan memberi labuh pada impian, maka jejak langkahku akan tiba di destinasi impian. Itinerary ini akan kuberi tajuk "three letter code" J3K. Jelajah Jogja Jalan Kaki.

Jogja punya banyak sisi untuk di-kepo-in. Beribu wajah menghadap dirimu dengan senyum mengembangkan. Semringah. Bukan hanya soal luas dengan cakupan 4 kabupaten dan 1 kota. Melainkan juga faktor budaya, event, atau destinasi yang menarik untuk ditelisik.

Kawasan Malioboro, sebagai misal. Tak akan rampung kau kitari dalam sehari suntuk. Cara menghampirinya pun, bisa beragam. Yang pasti, bukan rekomendasi, kau melewatinya menggunakan mobil. Sepelan apa pun, esensi Malioboro tidak akan pernah terhirup olehmu.

Aku punya cara lain. Inilah rahasia kode "J3K" tadi. Filosofinya, sederhana saja. Jika waktu memberi keleluasan pada libur panjang, maka beban Malioboro akan terasa "berat". Deretan kendaraan akan melambat dan sangat rapat. Kalau bisa jalan kaki, mengapa bikin sesak dan macet Jogja?

Muatan dalam itinerary J3K, Jelajah Jogja Jalan Kaki, sangatlah ramah lingkungan. Hemat energi, dan tentu saja sehat bagi tubuh. Mendukung dirimu menjaga stamina dengan baik.

Moda transportasi untuk tiba di Jogja dalam program J3K adalah Kereta Api, turun di Stasiun Tugu. Jika bergaya backpacker, maka pilihan terutama adalah jalan kaki. Ambil arah Barat Jalan Pasar Kembang, berbelok ke kiri menyusuri Jalan Gandekan, lalu Jalan Jogonegaran.

Dalam perkiraan 16 menit untuk rentang jalan 1,3 km, kamu akan memasuki Jalan Bhayangkara dan berlabuh di Hotel Cordela Kartika Dewi, Yogyakarta. Namun, bila tubuh terlampau penat, silakan pesan kendaraan di aplikasi. Masa tempuhnya bisa sama saja karena faktor lalu lintas.

Selamat datang di Hotel Cordela Kartika Dewi Yogyakarta
Selamat datang di Hotel Cordela Kartika Dewi Yogyakarta
Mengapa Cordela Kartika Dewi?

Ringkas kata, Hotel Cordela Kartika Dewi bisa menjadi basis strategis untuk menjelajah Kawasan Malioboro, terutama sisi Selatan, dalam program J3K ini. Dengan melangkah dalam durasi 5 menit, kamu sudah tiba di Gedung Agung Yogyakarta.

Gedung Agung Yogyakarta adalah istana negara yang belakangan ini sering heboh bila diinapi oleh Presiden Jokowi. Ini akan menjadi destinasi pertama J3K. Ada dua titik yang bisa menjadi objek wisata awal kita. Pertama, lingkungan Gedung Agung. Kedua, Museum Istana Kepresidenan yang terletak di sisi tersendiri. Keduanya, masih dalam satu kompleks.

Menurutku, Gedung Agung dan Museum Istana Kepresidenan adalah destinasi penting. Menjadi saksi sejarah yang belum lazim kita ketahui. Ada apa saja? Rahasia, dong. Nanti kita cerita-cerita kalau kamu sudah pernah menjejakkan kaki di situ.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x