Mohon tunggu...
Kholda AnggimileniaParamitha
Kholda AnggimileniaParamitha Mohon Tunggu... -

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Supporting Pemahaman Masyarakat Mengenai COVID-19 Melalui Kegiatan KKN UNS Tanggap COVID-19

9 Juli 2020   20:29 Diperbarui: 9 Juli 2020   20:40 17 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Supporting Pemahaman Masyarakat Mengenai COVID-19 Melalui Kegiatan KKN UNS Tanggap COVID-19
Edukasi Cuci Tangan pada Anak-Anak TPA Masjid Setempat

(Karanganyar, 30/6/20), Universitas Sebelas Maret (UNS) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) merekognisi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dalam bentuk penerjunan ke berbagai wilayah dalam rangka percepatan penanganan COVID 19. Kegiatan yang menugaskan mahasiswa (didampingi dosen pembimbing lapangan) di domisili masing-masing diharapkan dapat berkontribusi sesuai bidang keilmuannya untuk membantu masyarakat tanggap dan tangguh dalam menghadapi COVID 19.

Kegiatan KKN COVID-19 UNS di Pulosari, RT 02/08, Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar telah dilaksanakan oleh mahasiswa kedokteran UNS, Kholda Anggimilenia Paramitha (20) selama 45 hari sejak tanggal 1 Mei-15 Juni 2020 sesuai dengan bimbingan Drs. Waridi Hendro Saputro, M.Si selaku dosen pembimbing lapangan. Adapun tema KKN COVID-19 yang dipilih adalah "Supporting Pemahaman Masyarakat Tentang COVID-19". Kholda berkoordinasi dengan ibu kepala desa dan pengurus RT 02/08, Pulosari, Kaliboto, Mojogedang, Karanganyar dalam pelaksanaan KKN tersebut.

"Semoga info-info yang dibagikan oleh Mbak Kholda nantinya bisa bermanfaat dan menambah ilmu bagi ibu-ibu PKK khususnya warga Desa Kaliboto pada umumnya" kata Ibu Haryono, istri Kepala Desa Kaliboto.

Sasaran program KKN yang dilakukan oleh Kholda berfokus pada masyarakat lingkungan setempat dan masyarakat umum. Program yang dilaksanakan diantaranya penyediaan sabun cuci tangan di masjid setempat, edukasi cuci tangan kepada anak-anak TPA masjid, pembagian masker, desinfeksi lingkungan sekitar serta pembuatan media edukasi mengenai topik COVID-19 yang kemudian diedukasikan ke masyarakat secara online maupun offline. Warga terlihat cukup antusias dan lebih aktif dengan adanya kegiataan KKN ini. Meskipun dampak yang dihasilkan tidak cukup besar, namun kegiatan KKN UNS COVID-19 ini diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat sekitar dalam mengurangi dampak dari COVID-19.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x