Mohon tunggu...
Khoirul usmanulhakim
Khoirul usmanulhakim Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan. S1 Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Seseorang yang ingin menjadi pengusaha sukses kedepannya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

TBBS (Tangan Bersih Bebaslah Stunting)

2 September 2023   13:38 Diperbarui: 2 September 2023   14:12 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Sumber gambar Pribadi 2023)


Menjaga tangan bersih itu tidak mudah dalam kehidupan sehari-hari ,karena  tangan kita adalah suatu aset penting dalam kehidupan sehari-hari  dalam membantu kita untuk beraktivitas ,  maka dari itu saya mahasiswa UMBJM mengadakan program kerja ini untuk pengabdian masyarakat saya di desa pingaran ilir.

Dokpri
Dokpri
(Sumber gambar pribadi 2023)

Pada tanggal 12 agustus  2023 pukul  08.30 WITA saya melakukan sebuah program kerja yang sudah saya rangkai sedemikian rupa untuk melaksanakan tugas pengabdian di desa pingaran ilir Pelaksanaan kegiatan diawali dengan dilakukannya observasi sebelum pengabdian masyarakat di mulai, dengan menanyakan beberapa pertanyaan terkait permasalahan  apa yang di hadapi oleh warga desa pingaran ilir, dan didapatkan informasi bahwa anak-anak di Desa pingaran ilir tidak mendapatkan pola asuh yang baik dan benar. Maka dari itu saya melakukan program kerja ini sebagai program kerja individu saya dalam melaksanakan tugas selama pengabdian masyarakat ini di desa pingaran ilir.

Program kerja ini saya lakukan di Sekolah Dasar Negeri  2 Pingaran ilir , dengan kegiatan ini saya di beri kesempatan untuk memberi  paparan edukasi kepada kelas  4, 5 & 6  diawali dengan menyiapkan bak tempat cuci tangan dan sabun untuk cuci tangan dan kegiatan di barengkan dengan pemberian paparan materi terkait tangan bersih bebaslah stunting , serta saya menjelaskan seberapa pentingnya menjaga kebersihan tangan  di kehidupan sehari-hari .

Dokpri
Dokpri
(Sumber gambar pribadi 2023)

setelah saya memberikan paparan materi , saya memberikan kesempatan kepada 3 siswa  yang berani maju kedepan untuk memperagakan cara cuci tangan yang sudah saya jelaskan sebelumnya,  setelah itu saya memberikan hadiah kepada siswa  & siswi yang berhasil mencontohkan/memperagakan bagaimana cara mencuci tangan pakai sabun tersebut. Hal tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi dan juga memberikan kesadaran kepada siswa& siswi  SDN 2 Pingaran Ilir bahwa pentingnya mencuci tangan dengan menggunakan sabun .

Dokpri
Dokpri

Setelah itu saya memberikan poster yang berisikan pengetahuan tentang  mencuci tangan , dan saya tempelkan di dinding sekolah , supaya siswa & siswi mudah dalam membacanya

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun